Dark/Light Mode

Dukung Kenyamanan Transaksi Non Tunai, Jenius Luncurkan QR Code

Selasa, 28 Juli 2020 18:44 WIB
Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi Sumintardja/Foto: Merry Apriyani
Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi Sumintardja/Foto: Merry Apriyani

RM.id  Rakyat Merdeka - Jenius, solusi life finance dari Bank BTPN, meluncurkan Jenius QR. Fitur untuk mendukung kenyamanan bertransaksi menyambut masa adaptasi baru sekaligus mendukung program Bank Indonesia untuk mendorong peningkatan pembayaran non-tunai.

Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi Sumintardja mengatakan, Jenius QR memudahkan bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai atau kartu debit karena langsung memotong saldo aktif dan tanpa perlu berpindah aplikasi.

“Melalui proses kokreasi, Jenius mendengar kebutuhan digital savvy akan cara pembayaran yang semakin mudah dan simpel, salah satunya layanan transaksi non-tunai. Untuk itu, kami memperkenalkan Jenius QR sebagai metode pembayaran baru secara non-tunai,” jelas Waasi.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Rumah Sakit, Indofarma Luncurkan 6 Alkes Terbaru

Fitur ini juga mendukung anjuran pemerintah di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini untuk meminimalisir kontak fisik, termasuk ketika melakukan transaksi pembayaran.

Berdasarkan Riset Jenius mengenai perilaku masyarakat digital savvy selama masa adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan kepada 307 orang responden, ditemukan 52 persen responden masih menjalankan aktivitas bekerja dari rumah alias working from home dan 48 persen telah aktif keluar rumah.

Hasil survei juga menunjukkan lima aktivitas yang paling sering dilakukan di luar rumah selama masa adaptasi kebiasaan baru oleh responden adalah berbelanja di minimarket (61 persen), berbelanja di supermarket (44 persen), berbelanja di pasar tradisional (30 persen), beribadah di luar rumah (28 persen), dan olahraga luar ruangan (20 persen).

Baca juga : Bank DKI Dukung Transaksi Non Tunai Layanan Ambulan

“Jenius QR membantu digital savvy untuk bertransaksi di jaringan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) seluruh Indonesia, termasuk di jaringan e-Wallet seperti GoPay, OVO, DANA dan sebagainya," imbuhnya.

Waasi menambahkan, Jenius QR dilengkapi keamanan berlapis berupa biometrik sidik jari atau sensor wajah dan PIN. 

Pengguna juga bisa memanfaatkan otentikasi transaksi (memasukkan password setiap ingin melakukan pembayaran) dengan menetapkan limit sesuai kebutuhan. Transaksi Jenius QR dapat dilakukan dengan minimum Rp 1.000 dan maksimum Rp 2 juta. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.