Dark/Light Mode

Maksimalkan Pelayanan, Kemenhub Luncurkan SEHATI

Kamis, 16 Juli 2020 19:05 WIB
Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, R Agus H Purnomo. (Foto: ist)
Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, R Agus H Purnomo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan aplikasi sistem elektronik hubla terintegrasi (SEHATI). Ini untuk memfasilitasi dan mempermudah seluruh proses layanan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, R Agus H Purnomo mengatakan, dengan aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengakses pelayanan secara online dengan lebih mudah, efektif, dan efisien. Jadi, dapat membantu memutus penyebaran Covid-19 dengan mengurangi frekuensi pemberian layanan kepada masyarakat secara tatap muka. 

Baca juga : Mudahkan Badan Usaha, BPJS Kesehatan Luncurkan e-Dabu Mobile

"Ini merupakan upaya kita menuju satu data Perhubungan Laut, melalui satu pintu untuk semua pelayanan yang ada pada Ditjen Perhubungan Laut, baik di pusat maupun daerah. Dengan demikian, hadirnya Aplikasi SEHATI ini diharapkan dapat membuat proses perizinan menjadi lebih mudah, transparan, dan realtime," katanya dalam peluncuran aplikasi SEHATI di Jakarta, Kamis (16/7). 

Agus menjelaskan, aplikasi SEHATI juga telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain. Baik internal Ditjen Perhubungan Laut maupun eksternal Kementerian Perhubungan, di antaranya Online Single Submition (OSS) milik BKPM dan Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) milik Kementerian Keuangan. 

Baca juga : Agar Tetap Aman Jalankan Usaha Jasaboga, APJI Luncurkan Panduan

"Proses pengajuan dan monitoring untuk semua pelayanan di bidang perhubungan laut pun dapat dilaksanakan secara terpadu melalui satu pintu, serta telah memiliki Digital Signature atau sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik," jelasnya. 

Agus menilai, pembangunan aplikasi SEHATI ini tidak akan terlaksana tanpa adanya dukungan dan sinergi dari berbagai pihak. Untuk itu, ia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut beserta seluruh pihak yang telah bekerja keras melakukan sebuah inovasi dan integrasi pelayanan melalui aplikasi SEHATI. 

Baca juga : Mantap, Laporan Keuangan Kemenhub 7 Kali Berturut-turut Dapat WTP

"Semoga aplikasi SEHATI ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat luas, termasuk bagi jajaran Ditjen Perhubungan Laut untuk selalu bekerja dengan hati," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.