Dark/Light Mode

Agar Tetap Aman Jalankan Usaha Jasaboga, APJI Luncurkan Panduan

Kamis, 16 Juli 2020 16:28 WIB
Ketua Umum DPP APJI Rahayu Setiowati/Ist
Ketua Umum DPP APJI Rahayu Setiowati/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) meluncurkan buku panduan pelayanan di masa adaptasi baru bagi pelaku usaha, pekerja hingga konsumen di industri makanan dan minuman. 

Hal ini sebagai upaya mengakomodasi keamanan sekaligus pencegahan risiko penularan virus corona saat menjalankan usaha.

Ketua Umum DPP APJI Rahayu Setiowati mengatakan, buku ini berisi protokol umum dan khusus untuk pelayanan di lima cluster pelayanan makanan dan minuman. Yakni restoran dan kafe, pernikahan, katering pesawat, tempat pertemuan dan lounge serta industri catering di masa adaptasi baru.

Baca juga : Fahri: Penolakan Ekspor Bibit Lobster Untungkan Penyelundup

“Kami berharap risiko penularan Covid-19 dapat berkurang dan untuk menyempurnakan panduan ini kami bersinergi dengan berbagai pihak, dari pengusaha hingga pemerintah agar kita dapat bersama melakukan percepatan usaha produktif dan aman untuk membangkitkan ekonomi dalam negeri,” jelas Rahayu lagi.

Menyinggung detail materi, Rahayu menjelaskan panduan ini terdiri dari protokol umum seperti tanggung jawab terhadap kesehatan pribadi seperti mencuci tangan dengan air yang mengalir, memakai masker, menjaga jarak, etika batuk dan bersin.

Sementara, sosialisai protokol kesehatan di fasilitas penunjang kerja seperti panduan bagi tamu, karyawan dan manajemen yang ditempel di area yang mudah terlihat. Sedangkan protokol khusus meliputi metode pelayanan, penyajian dan penyiapan makanan dijabarkan dalam lima panduan cluster pelayanan.

Baca juga : Jadi Tersangka Jiwasraya, MNC Asset Angkat Bicara

“Panduan adaptasi baru dalam Food Catering Industry sangat esensial karena hanya dengan mengubah pola dan budaya hidup sehat melalui pendidikan era baru, kita bisa bertahan menghadapi pendemi,” sambung Education Advisor Artha Graha Editha Duarte.

Panduan telah melalui telaah pustaka dari berbagai aturan yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah serta nonpemerintah, diskusi serta masukan berbagai pihak yang kompeten yang dirangkum oleh Tim Penyusun.

“Kami berharap sinergi antara pemerintah dan para pelaku usaha, salah satunya APJI dapat semakin kuat terutama di masa sulit seperti ini. Kami sangat mengapresiasi diluncurkannya buku panduan ini dan berharap buku ini dapat menjadi acuan seluruh pelaku usaha jasaboga di Indonesia,” tambah Ketua DPD DKI Jakarta yang juga Tim Penyusun Tashya Megananda Yukki.

Baca juga : Ramaikan Pasar Ponsel Indonesia, Sharp Luncurkan dua Smartphone

Jasaboga merupakan salah satu bidang industri dari 13 bidang usaha di bawah naungan Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang cukup berdampak akibat efek domino dari pendemi Covid-19. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.