Dark/Light Mode

Aplikasi QRen Lengkapi Teknologi Bayar Lewat QR Code

Selasa, 4 Agustus 2020 15:53 WIB
Tampilan aplikasi QRen di ponsel
Tampilan aplikasi QRen di ponsel

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) menggalakkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengakselerasi program smart city. Salah satunya dengan memanfaatkan platform QRen. Aplikasi Quick Response (QR) Code yang baru diluncurkan PT Telkom Indonesia (Persero).

QRen merupakan layanan teknologi QRIS milik Telkom. Penggunaan QRen bisa diterapkan pada setiap segmen bisnis dan pembayaran jasa layanan masyarakat. 

Adapun upaya lainnya adalah pemasangan stiker QRIS pada bisnis UMKM, aplikasi QRen pada UMKM, serta pemanfaatan Aplication Programming Interface (API) module QRen pada perangkat pendukung aplikasi (layanan Point of Sale (POS), aplikasi pembayaran e-commerce, layanan tiketing, parkir, hingga billing system).

Baca juga : Perkuat Aplikasi Pangan, BGR Logistics Gandeng HARA Technology

Chief Executive Officer QRen Fajar Eri Dianto mengatakan, industri teknologi yang dinamis tentu dapat menunjang berbagai aktivitas masyarakat dan meningkatkan produktivitas. 

"Menjawab kebutuhan dan juga peluang yang ada, bersama BI kami berupaya menghadirkan inovasi pembayaran digital berbasis kode QR, yang terintegrasi dan tepat guna melalui aplikasi QRen," ucapnya di Jakarta, kemarin.

 Aplikasi QRen juga hadir untuk membantu efektivitas pengelola pembayaran layanan masyarakat, baik yang dikelola oleh pihak swasta maupun pemerintah daerah, guna mempercepat terwujudnya smart city di berbagai daerah. Sekaligus meningkatkan dan memantau Pendapatan Asli Pemerintah (PAD).

Baca juga : BNI Apresiasi Penangkapan Buron Kasus L/C

Sebagai platform penyelenggara transaksi yang efektif dan aman, QRen diklaim menjadi solusi pembayaran yang dapat dimanfaatkan oleh semua penyelenggara sistem pembayaran. Baik di Indonesia maupun di luar negeri, yang telah sesuai dengan standardisasi Bank Indonesia. 

"QRen menyediakan beragam layanan dan fitur inovatif, seperti Integrated QR Payment Application, layanan Payment Point Online Bank (PPOB), top up e-money, mencetak kode QR untuk pembayaran kode QR, serta riwayat transaksi dan pemisahan modal usaha dan pendapatan," jelasnya.

Dengan hadirnya teknologi pembayaran kode QR, imbuhnya, ke depannya diharapkan dapat membantu mewujudkan juga misi besar pemerintah dalam memberikan layanan terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.