Dark/Light Mode

Telunjuk Bidik 70 Ribu UMKM

Minggu, 9 Agustus 2020 17:32 WIB
CEO & Co-Founder Telunjuk.com Hanindia Narendrata
CEO & Co-Founder Telunjuk.com Hanindia Narendrata

RM.id  Rakyat Merdeka - Platform layanan analisis dan perbandingan harga perbelanjaan, Telunjuk.com menyatakan data adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha. 
CEO & Co-Founder Telunjuk.com Hanindia Narendrata mengatakan, walaupun begitu, masih banyak pelaku UMKM belum memahami pentingnya data.
          
"Sebetulnya data itu besar manfaatnya bagi bisnis. Data pendukung kalau diolah menjadi market insight, itu bisa meningkatkan penjualan dengan menyasar audiens, dan mengaplikasikan strategi bisnis yang tepat," kata Hanindia dalam keterangan persnya.

Menurut Hanindia, teknologi digital yang terus berkembang memberikan pengaruh terhadap pemanfaatan data.  Yang semula hanya menunjang bisnis-bisnis tertentu, tapi sekarang dapat diadaptasi oleh bisnis yang lebih luas, termasuk UMKM.

Baca juga : Bank DKI Juga Miliki ATM 20 Ribuan

“Ke depannya kami akan mengambil langkah besar untuk lebih memperkenalkan pemanfaatan data kepada pasar yang lebih luas. Kami masih berusaha menggaet setidaknya 70 ribu UMKM digital Indonesia hingga akhir 2020," katanya.

Untuk merealisasikan target tersebut, Telunjuk berencana membentuk kerja sama dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan UMKM. Hingga akhir tahun 2020, Telunjuk.com masih memfasilitasi lebih banyak UMKM digital Indonesia dalam mengembangkan usahanya.
     
Telunjuk.com melalui platform Compas.co.id berinisiasi membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya, antara lain melalui strategi penetapan harga serta dengan menyajikan pemahaman terhadap persaingan dalam industri.

Baca juga : Suzuki Ekspor 181 Ribu Motor

“Kami perlu mengedukasi pemilik usaha atas pentingnya data bagi perkembangan bisnis mereka, agar tetap mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital seperti sekarang," tuturnya.
         
 Telunjuk dan Compas membentuk sebuah ekosistem daring dari sisi inteligensi bisnis dan digital marketing, dengan mengolah data-data yang terkumpul menjadi market insight. 

Tujuannya untuk membantu pengambilan keputusan berdasarkan peluang dan potensi yang dihadapi. Lebih jauh, Hanin mengatakan inteligensi bisnis yang kerap dikaitkan dengan pemanfaatan data, sejatinya akan membantu bisnis untuk memantau kondisi perusahaan. [JAR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.