Dark/Light Mode

Suzuki Ekspor 181 Ribu Motor

Rabu, 5 Februari 2020 17:28 WIB
Suzuki luncurkan pelumas Ecstar. (Foto: ist)
Suzuki luncurkan pelumas Ecstar. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek (APM) sepeda motor di Indonesia, berhasil meraih pencapaian positif sepanjang tahun 2019. Suzuki berhasil mencapai angka ekspor kendaraan roda dua sebanyak 181.473 unit dengan 46 tujuan Negara ekspor selama tahun 2019. 

Angka tersebut terdiri dari 53.073 unit completely built-up (CBU) serta 128.400 unit completely knock-down (CKD) yang memberikan kontribusi sebesar 72 persen dari total penjualan kendaraan roda dua. Di pasar ekspor, peningkatan pendapatan suku cadang resmi Suzuki untuk roda dua mencapai 35 persen.  

Department Head of Sales & Marketing 2W PT SIS Yohan Yahya mengatakan, tahun ini perusahaan menargetkan untuk meningkatkan kinerja ekspor dengan menambah negara tujuan ekspor. Di antaranya Malta dan Paraguay dan mencapai target di angka 248.000 unit baik dari segmen CBU maupun CKD. 

"Suzuki juga terus meningkatkan layanan purna jual sepeda motor melalui 328 outlet resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan cakupan yang luas tersebut, Suzuki menerima unit intake hingga mencapai 576.000 unit selama tahun 2019," ujarnya, kemarin.

Baca juga : Toyota Ekspor 208.500 Mobil

Selain itu berbagai program dan layanan purnajual pun digelar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Seperti servis dan gratis biaya jasa di 66 bengkel resmi, 20 titik posko Bengkel Siaga Lebaran, hingga training safety riding.

“Terima kasih atas dukungan serta kepercayaan pelanggan setia Suzuki selama tahun 2019. Seluruh prestasi ini merupakan kebanggaan bagi kami dan menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan layanan dan menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.” ungkapnya. 

Melansir data resmi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Suzuki masih menempatkan posisi di daftar tiga besar APM produk sepeda motor. Suzuki mencatat angka penjualan wholesales kendaraan roda dua sebesar 71.861 unit.

Raihan tersebut didukung oleh keunggulan dan kepercayaan konsumen terhadap model-model yang telah ada, selain itu turut diperkuat oleh beragam produk baru serta ubahan fitur sesuai kebutuhan pelanggan. 

Baca juga : Suzuki New Baleno, Tampil Lebih Modern

Pencapaian penjualan Suzuki sepanjang 2019 tersebut, didominasi oleh penjualan NEX II dan Satria F150 yang telah memberikan kontribusi sebesar 78 persen terhadap penjualan nasional. Guna memperkuat strategi penjualan, Suzuki juga telah meluncurkan produk baru sepanjang tahun 2019.  

Luncurkan Ecstar

Guna menggenjot kinerja dan layanan di 2020, Suzuki resmi meluncurkan produk pelumas dan chemical bagi para pecinta otomotif di Tanah Air dengan nama Ecstar. Ini merupakan pelumas resmi mobil Suzuki yang didesain untuk memberikan performa terbaik saat berkendara.

Menurut Ignatius Ratrianto, Spare part Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) sebagai produsen Ecstar, pelumas ini diformulasikan secara khusus untuk memberikan kinerja terbaik pada mesin agar mampu mengurangi gesekan. "Ecstar juga bisa membersihkan mesin, serta mempertahankan stabilitas temperatur mesin sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang optimal sekaligus melindungi mesin,” ujarnya.

Baca juga : BKS Mau Kembangin Transportasi Laut Di Ibu Kota Baru

Ecstar 0W–20 SN merupakan oli mesin yang memiliki spesifikasi API Service “SN”. Spesifikasi tersebut merupakan standar kualitas oli tertinggi yang diakui oleh API (American Petroleum Standard) saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa Ecstar sudah berstandar internasional. 

Secara ekonomis, Ecstar 0W–20 SN sangat kompetitif. Dibanderol dengan harga Rp 95.000 per liter, konsumen sudah dapat menikmati keuntungan menggunakan pelumas bertaraf internasional dengan kualitas tertinggi dan telah tersertifikasi SNI.

Selain Ecstar 0W-20 SN, pada kesempatan yang sama PT SIS juga meluncurkan Ecstar 5W-30 SN/GF-5 sebagai pilihan pelumas berkualitas lainnya,  serta tiga tipe pelumas transmisi dengan seri Ecstar ATF AW-1, Ecstar ATF 3317, dan Gear Oil MT 75W-80 GL-4. Selain itu, untuk mendukung pemeliharaan kendaraan, tersedia pula produk chemical Ecstar Brake Fluid DOT3 dan Long life Coolant 50/50 Pre Mixed. 

“Ecstar berkembang di sirkuit balap MotoGP bersama tim Suzuki dan telah dikenal secara global. Saat ini kami meluncurkan Ecstar untuk para pengguna mobil di Indonesia. Kehadiran Ecstar diharapkan dapat memberikan The Ultimate Performance bagi seluruh konsumen otomotif dan tentunya menjadi bukti nyata komitmen Suzuki untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik di Indonesia,” tutup Seiji Itayama, President Director PT SIM/SIS. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.