Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangkan Ekonomi Desa

Duet Bareng Kemendagri, Pertamina Bangun 4.308 Pertashop di Seluruh Indonesia

Senin, 17 Agustus 2020 17:16 WIB
Kembangkan Ekonomi Desa Duet Bareng Kemendagri, Pertamina Bangun 4.308 Pertashop di Seluruh Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinergi Pertamina dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membangun 4.308 Pertashop di wilayah desa, tidak hanya untuk mendekatkan layanan BBM dan LPG kepada masyarakat di pelosok negeri. Tetapi juga turut menumbuhkembangkan potensi desa, sehingga mendukung cita-cita Indonesia Maju. 

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan, kehadiran Pertashop diharapkan dapat turut mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di perdesaan, mendorong tumbuhnya inovasi desa melalui kemitraan, serta turut berperan dalam meningkatkan kapasitas pemerintahan desa.

Baca juga : Pertamina Targetkan Buka 4.308 Pertashop Hingga Akhir Tahun di Seluruh Indonesia

”Program Pertashop sebagai salah satu wujud pembinaan umum Kemendagri, terhadap Pemerintah Daerah dan Desa dalam upaya menumbuhkembangkan pola inovatif percepatan peningkatan kapasitas. Serta tata kelola pemerintahan dan  pembangunan desa, yang bertumpu pada proses pembelajaran manajemen di dalam masyarakat. Yang nantinya dapat menumbuhkan simpul-simpul jaringan pemberdayaan untuk memperkuat ekonomi lokal,” ujar Tito.

Konsep Pertashop ini bertujuan melayani kebutuhan BBM seluruh wilayah Indonesia, mendekatkan konsumen akhir, dan pengembangan penguasaan outlet sampai level ke perdesaan.

Baca juga : Pemkab Taput Bangun Sentra Budidaya Bibit Kemenyan

“Konsep yang dikembangkan dalam Pertashop ini adalah skema kerja sama antara Pemerintah, Pertamina dan Mitra Desa,” imbuh Tito.

Menurut Tito, kolaborasi Kemendagri melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa dengan Pertamina merupakan penguatan dan reorientasi kembali pendekatan pembangunan pemerintahan desa, dengan paradigma baru  untuk menjawab ketertinggalan pembangunan desa yang berdampak terhadap masyarakat.

Baca juga : Kerek Pertumbuhan Ekonomi, Mendag Dorong Program Bangga Buatan Indonesia

Selain itu, juga menjadi salah satu poin penting dalam upaya pengarusutamaan desa dalam pembangunan nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.