Dark/Light Mode

Kerek Produktivitas, Pemerintah Diminta Bantu Modernisasi Peralatan UMKM

Kamis, 20 Agustus 2020 10:13 WIB
Sandiaga Uno saat berbincang dengan pelaku UMKM. (Foto: ist)
Sandiaga Uno saat berbincang dengan pelaku UMKM. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno mengunjungi pabrik pembuatan tahu di Dusun Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini, Sandi memantau langsung proses pembuatan tahu dan berbincang dengan pemiliknya, terkait dampak Covid-19.

Pemilik pabrik tahu yang diketahui bernama Yanti mengatakan, pihaknya sangat terdampak pandemi. Produksinya menurun akibat penjualan sepi.

Dia berharap ada solusi dari pemerintah agar UMKM lebih maju dan berkembang. “Saya juga berharap harga kedelai itu stabil, pemasarannya bisa lebih jauh,” kata Yanti ngadu ke Sandi. 

Baca juga : Puan Minta Pemerintah Tingkatkan Kinerja Pelaksanaan APBN

Sandi pun menimpali keluhan Yanti. Menurutnya sangat penting terjun langsung berdialog dengan pelaku UMKM di masa pandemi. Pasalnya pelaku UMKM merupakan pahlawan perekonomian Indonesia. Terlebih, 60 persen produk domestik bruto (PDB) berasal dari UMKM. 

“Saya ingin melihat dengan mata kepala saya sendiri keadaan ekonomi UMKM. Alhamdulillah saya sudah melihat sebuah kebangkitan setelah melalui titik terendah,” ucap Sandi.

Pendiri Rumah Siap Kerja ini kembali mendorong pemerintah untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat, agar dapat membeli kebutuhan pokok. “Program bantuan masyarakat seperti bantuan langsung tunai harus dipercepat realisasinya. Karena itu mampu meningkatkan daya beli,” ujar mantan Wakil Gubernur DKI itu. 

Baca juga : Cegah Resesi, Pemerintah Diminta Fokus Selamatkan UMKM

Kedua, Sandi mendorong program biaya listrik murah dan subsidi kuota sehingga kegiatan ekonomi warga terus bergerak. “Terakhir buat UMKM, kalau bisa ada bantuan untuk memodernisasi peralatan supaya lebih higienis dan kualitas produknya lebih meningkat. Nah ini nanti butuh suntikan dana khusus untuk UMKM,” ujar mantan mantan Ketua HIPMI itu.

Sandi mengaku siap membantu para pelaku UMKM bila dibutuhkan dengan program OKE OCE yang dikembangkannya selama ini. Selain itu, dia berharap pandemi segera berkahir agar ekonomi masyarakat kembali bergerak. 

“Tentunya harapan kita semua sama yakni pandemi ini segera berakhir agar ekonomi bergerak normal kembali, peluang usaha terbuka dan lapangan kerja tercipta di tengah beban biaya hidup yang terus meningkat,” harapnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.