Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Telkom Perkuat Pelaku Bisnis Lokal Untuk Gairahkan Ekonomi

Kamis, 20 Agustus 2020 21:12 WIB
Direktur Utama Telkom,  Ririek Adriansyah (kedua kiri)  meninjau stand UMKM usai peresmian Laman UKM, Pasar Digital (PaDi) UMKM, dan Bela Pengadaan di Jakarta, Senin (17/8).
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah (kedua kiri) meninjau stand UMKM usai peresmian Laman UKM, Pasar Digital (PaDi) UMKM, dan Bela Pengadaan di Jakarta, Senin (17/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian BUMN bersama sembilan BUMN menghadirkan platform digital untuk memfasilitasi pengembangan Pasar Digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau yang dikenal dengan PaDi UMKM. 

PaDi UMKM merupakan platform karya anak bangsa yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, kemudian dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang berperan sebagai pengelola informasi terpusat dan layanan pemasaran business-to-business (B2B).

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyatakan, salah satu target program ini adalah keberlangsungan dan peningkatan penyerapan produk UMKM oleh BUMN. 

Baca juga : Ajak Masyarakat Konsumsi Pangan Lokal, Kementan Gelar Gerakan Diversifikasi Pangan

Telkom sendiri, menurutnya, telah memiliki pengalaman yang cukup lama dalam pemberdayaan UMKM melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), serta berperan aktif sebagai salah satu pelopor penting pembinaan UMKM di Rumah BUMN.

“Sejalan dengan fokus pemerintah untuk terus memastikan UMKM tetap tumbuh dan produktif, Telkom melalui infrastruktur dan layanan ICT yang dimiliki siap memastikan kesukseskan PaDi UMKM. Telkom berkomitmen penuh menyukseskan program pemerintah, khususnya Kementerian BUMN dalam mendigitalkan UMKM ini,” tegas Ririek seraya mendukung Perluasan Pasar UMKM untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Lokal, Kamis (20/8)

Saat ini, terdapat lebih dari 60 juta pelaku UMKM, sedangkan UMKM yang bergabung dalam PaDi UMKM mencapai 56.000. 

Baca juga : Telkomsel Hadirkan Solusi Digital Agar Bisnis UMKM Makin Moncer

Secara bertahap pelaku UMKM lainnya dapat bergabung di platform PaDi UMKM.

“Telkom berkomitmen terus memberikan kontribusi terbaik demi dapat memajukan pelaku UMKM dan tentunya roda perekonomian Indonesia ke depan,” jelas Ririek. 

Sementara itu, delapan BUMN  yang ikut mendukung PaDi UMKM yakni Pembangunan Perumahan (PP), Waskita Karya, Wijaya Karya (Wika), Pupuk Indonesia, PT Pertamina, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM) akan bertindak sebagai pilot pada delapan kelompok kegiatan UMKM, termasuk UMKM yang diasuh dalam program pembinaan Rumah BUMN dan Community Development Center (CDC) tiap-tiap BUMN. 

Baca juga : Ini Pesan Dahlan Iskan Untuk Partai Gelora Indonesia

Program penyediaan pendanaan UMKM di fase awal ini disiapkan oleh BRI, Pegadaian, dan PNM, yang kemudian akan dikembangkan oleh BUMN perbankan dan keuangan lain dalam fase berikutnya. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.