Dark/Light Mode

Tren Kinerja Juli Membaik, Pertamina Terus Genjot Laba Akhir Tahun 2020

Kamis, 27 Agustus 2020 22:26 WIB
Tren Kinerja Juli Membaik, Pertamina Terus Genjot Laba Akhir Tahun 2020

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki semester kedua 2020, kinerja operasional PT Pertamina (Persero) secara keseluruhan menunjukkan tren yang positif.

Pada Juli 2020, Pertamina mencatat volume penjualan seluruh produk sebesar 6,9 juta kilo liter (kl). Atau meningkat 5 persen, dibanding data Juni 2020 yang tercatat 6,6 juta kl.

Baca juga : Dukung Ekonomi Sibolga, Pertamina Resmikan Depot Pesawat Udara

Sementara, dari sisi nilai penjualan pada Juli 2020, ada di kisaran 3,2 miliar dolar AS. Atau terjadi kenaikan sebesar 9 persen dari bulan sebelumnya, yang mencapai 2,9 miliar dolar AS.

“Salah satu shock yang dialami pada masa pandemi Covid-19 adalah penurunan demand BBM, namun seiring pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru dan pergerakan perekonomian nasional, tren penjualan Pertamina pun mulai merangkak naik. Kinerja kumulatif Juli juga sudah mengalami kemajuan dan lebih baik dari kinerja kumulatif bulan sebelumnya,” ujar Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina di Jakarta (27/8).

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Pertamina Optimis Kinerja 2020 Positif

Fajriyah mengungkap, periode Februari hingga Mei 2020 merupakan masa-masa terberat Pertamina dengan volume demand yang terus mengalami penurunan tajam akibat pandemi Covid-19. Bahkan, saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penurunan demand di kota-kota besar mencapai lebih dari 50 persen.

Ditambah penurunan pendapatan di sektor hulu, total pendapatan Pertamina, yang tercantum dalam Laporan Keuangan Unaudited Juni 2020, turun hingga 20 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.