Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kebijakan OJK Oke, Jumlah Investor Naik 18 Persen Per Juni 2020

Selasa, 28 Juli 2020 19:50 WIB
Kebijakan OJK Oke, Jumlah Investor Naik 18 Persen Per Juni 2020

RM.id  Rakyat Merdeka - Peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dinilai sangat dominan dalam meningkatkan integritas pasar modal. Diungkapkan Pengamat Pasar Modal Hans Kwee otoritas sudah melakukan banyak hal, ketika orang mau goreng saham, peran otoritas sangat penting di pasar karena kalau dibiarkan seperti bola salju yang besar.

"Sebagai contoh, lanjut Hans Kwee, adalah kebijakan buyback saham tanpa harus RUPS sebagai respons OJK menghadapi tekanan dampak pandemi Covid-19," ujarnya di acara webinar Financial Sector Update di Jakarta, Selasa (28/7)

Baca juga : Semester I, Investasi Manufaktur Naik 23,9 Persen

Menurutnya, kebijakan ini bagus karena bisa meningkatkan kesejahteraan pemegang saham. Melalui buyback, perusahaan bisa membeli saham dengan harga murah sehingga akan menguntungkan.

"Reformasi kebijakan pasar modal oleh OJK cukup bagus, industri keuangan berkembang pesat sekali, pasar keuangan sekarang terintegrasi. Beberapa reformasi dilakukan seperti kasus-kasus MI. Otoritas berusaha menahan bola salju yang seperti ponzi scenario. Pengawasan pasar dilakukan scara realtime, jadi pengawasan ini bagus dari OJK," jelasnya.

Baca juga : Pandemi, Waktu Yang Tepat Buat Investasi Properti

Ia menegaskan, kebijakan pro pasar seperti autorejection cukup bagus ketika market lagi tekanan turun. Trading halt juga berhasil menghalau harga turun terlalu jauh.

Di acara yang sama, Guru Besar FEB Universitas Indonesia (UI) Budi Frensidy menuturkan, sejumlah tindakan tegas OJK dalam menghukum pelaku manipulasi pasar menunjukkan bahwa fungsi pengawasan telah berjalan baik.

Baca juga : Ditengah Pandemik, Ekspor CBU Suzuki Justru Naik 22 Persen

"Mereka yang terindikasi melakukan manipulasi pasar, kita lihat sudah dilakukan penindakan. Ini menunjukkan bahwa fungsi pengawasan tren-nya membaik," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.