Dark/Light Mode

Tren Kinerja Juli Membaik, Pertamina Terus Genjot Laba Akhir Tahun 2020

Kamis, 27 Agustus 2020 22:26 WIB
Tren Kinerja Juli Membaik, Pertamina Terus Genjot Laba Akhir Tahun 2020

 Sebelumnya 
Fajriyah juga menyampaikan, penurunan pendapatan yang signifikan, berakibat pada tertekannya laba. Pada Januari 2020, Pertamina masih membukukan laba bersih positif 87 juta dolar AS.

Namun, tiga bulan berikutnya, mulai mengalami kerugian bersih rata-rata 500 juta dolar AS per bulan. Untuk mengatasi kondisi ini,  manajemen Pertamina telah berhasil menjalankan strategi dari berbagai aspek. Baik operasional maupun finansial. Sehingga, laba bersih pun beranjak naik sejak Mei sampai Juli 2020, dengan rata-rata sebesar 350 juta dolar AS setiap bulannya.

Baca juga : Dukung Ekonomi Sibolga, Pertamina Resmikan Depot Pesawat Udara

Pencapaian positif ini akan terus mengurangi kerugian yang sebelumnya telah tercatat.

"Mulai Mei berlanjut Juli, dan ke depannya, kinerja makin membaik. Dengan laba bersih (unaudited) di Juli sebesar 408 juta dolar AS, maka kerugian dapat ditekan dan berkurang menjadi 360 juta dolar AS atau setara Rp 5,3 triliun. Dengan memperhatikan tren yang ada, kami optimistis kinerja akan terus membaik sampai akhir tahun 2020,” terang Fajriyah.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Pertamina Optimis Kinerja 2020 Positif

Selain itu, kinerja Laba Operasi dan EBITDA juga tetap positif. Sehingga, secara kumulatif dari Januari sampai dengan Juli 2020, jumlahnya mencapai 1,26 miliar dolar AS dan EBITDA sebesar 3,48 miliar dolar AS.

Hal ini menunjukkan bahwa secara operasional Pertamina tetap berjalan baik, termasuk komitmen Pertamina untuk menjalankan penugasan dalam distribusi BBM dan LPG ke seluruh pelosok negeri. Serta menuntaskan proyek strategis nasional seperti pembangunan kilang.

Baca juga : Menteri Basuki Terus Genjot Program Bedah Rumah MBR

"Tentu saja, perbaikan kinerja tidak semudah membalikkan tangan, perlu proses dan perlu waktu. Sekarang ini, sudah terlihat dengan kerja keras seluruh manajemen dan karyawan, kinerja Pertamina mulai pulih kembali," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.