Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Omzet Penjualan Produk UMKM Di Pameran KKI 2020 Capai 4,86 Miliar

Kamis, 3 September 2020 18:59 WIB
Ilustrasi Produk UMKM Di Pameran Karya Kreatif Indonesia 2020. (Istimewa)
Ilustrasi Produk UMKM Di Pameran Karya Kreatif Indonesia 2020. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri I yang digelar pada 28-30 Agustus 2020 lalu mencatat omzet penjualan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebesar Rp4,86 miliar.

KKI merupakan rangkaian acara tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM binaan Bank Indonesia, yang bersinergi dengan Kementerian/Lembaga dalam pengembangan UMKM. Produk UMKM yang dijual kali ini antara lain produk dari kain, kerajinan, makanan dan minuman.

Dalam KKI 2020 Virtual Seri I juga dilakukan one-on-one meeting yang berhasil mempertemukan 31 UMKM dengan 16 pembeli potensial (potential buyers) dari Singapura, Italia, Korea Selatan, Jepang, China, dan Australia serta agregator dari Indonesia.

Baca juga : Sanksi Denda Pelanggar PSBB Transisi Capai Rp 1,6 Miliar

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi Onny Widjanarko menuturkan, selama periode setelah KKI 2019 hingga KKI 2020 Virtual Seri I diselenggarakan, BI mencatat kenaikan nilai kesepakatan bisnis (penjualan ekspor, pembiayaan, penjualan melalui ecommerce) sebesar 54 persen dibandingkan periode sebelumnya.

"Komitmen nilai kesepakatan bisnis sebesar Rp 113,2 miliar antara 328 UMKM dengan para mitra bisnis ini disertai penandatanganan kontrak ekspor dan akad kredit UMKM dengan lembaga keuangan," sebutnya dalam keterangan resmi, Kamis (3/9).

Berbagai pencapaian KKI Seri I ini diharapkan mampu mendorong transformasi digital UMKM dan menjadikan UMKM sebagai sumber kekuatan baru perekonomian nasional untuk Indonesia maju. Diselenggarakan secara virtual, jumlah pengunjung KKI di berbagai kanal (baik melalui Zoom, Platform KKI, Youtube, Instagram, dan Facebook), baik untuk menyaksikan kegiatan aktivasi, maupun pameran, mencapai 28.545 orang.

Baca juga : Semester I 2020, KBI Catat Pendapatan 81,4 Miliar

BI akan kembali menggelar KKI Seri II Sinergi untuk UMKM Digital di bulan Oktober dan seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial di bulan November.

Dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI tetap menyediakan menu katalog pada website KKI www.karyakreatifindonesia.co.id.

Ke depan, BI akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.