Dark/Light Mode

Kontribusi Di Masa Pandemi, Lion Clubs Subsidi Warung Makan

Kamis, 10 September 2020 22:51 WIB
Lion Clubs memberikan makanan sehat kepada masyarakat. (Foto: ist)
Lion Clubs memberikan makanan sehat kepada masyarakat. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lions Clubs Indonesia sebagai wadah organisasi pengabdian kemasyarakatan berkomitmen melakukan kontribusi di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Dewan Gubernur Lions Clubs Indonesia, Yodianto Jaya mengatakan, kegiatan yang dilakukan Lions Clubs Indonesia selama pandemi Covid-19 disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat.

Yodianto menjelaskan, salah satu kontribusi yang dilakukan yaitu pemberian makanan (feed hunger) sehat bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Baca juga : Hadiri Gelar Perkara Pinangki, KPK Pastikan Kawal Kasusnya Sampai Persidangan

Salah satu contohnya mengajak mitra pemilik usaha warung makanan untuk menyediakan hidangan yang bisa dibeli masyarakat dengan harga terjangkau yaitu Rp 5.000 per porsi. 

"Lions memberikan subsidi ke mitra warung. Sehingga pemilik usaha pun mendapatkan konsumen dengan lancar," katanya dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis (10/9).

Di luar Covid-19, kata Yodianto, Lions Clubs Indonesia selalu mengikuti program arahan dari Lions Clubs International. Ada 4 kegiatan utama yang dilakukan. Pertama, Lions berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan yang bersih. Misalnya, penanaman bibit pohon, kegiatan daur ulang, dan penggunaan kantung ramah lingkungan.

Baca juga : Saat Masa Pandemi, Masyarakat Makin Sadar Pentingnya Gizi

Kedua, bantuan terhadap penderita kanker anak (pediatric cancer). Lions Clubs bermitra dengan badan atau yayasan anak untuk membantu baik dalam hal nutrisi anak-anak, transportasi, rumah singgah, dan lainnya.

Ketiga, program kesehatan mata (vision). Ini sudah menjadi unggulan bagi Lions. Contoh yang dilakukan berupa operasi katarak, pembagian kacamata gratis dengan pemeriksaan bagi anak-anak sekolah.

Terakhir, peningkatan kesadaran penyakit diabetes. Ini merupakan tantangan bagi Lions untuk menggerakan perhatian masyarakat akan diabetes dengan cara-cara pencegahan melalui edukasi, gerak badan, pemeriksaan, dan lainnya.

Baca juga : Ganjar: Semarang Jangan Sekarang

"Selama pandemi Covid-19, kami memahami kegiatan yang dilakukan oleh anggota Lions Clubs di seluruh Indonesia memiliki ruang gerak terbatas. Kami para relawan Lions akan selalu terjun ke lapangan langsung jika ada kebutuhan oleh masyarakat," jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.