Dark/Light Mode

Implementasikan 71 Persen TKDN Pertashop, Pertamina Gandeng 9 Perusahaan Nasional

Kamis, 10 September 2020 07:11 WIB
Foto: Humas Pertamina
Foto: Humas Pertamina

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mengimplementasikan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam pembangunan Pertashop yang mencapai 71 persen, Pertamina menggandeng 9 perusahaan, terdiri 3 BUMN dan 9 perusahaan swasta.

Ketiga BUMN yang digandeng adalah PT. Pindad (Persero), PT. Barata Indonesia (Persero) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

Baca juga : Makin Agresif, Pertamina Gandeng Alfamart Kembangkan Bright Store

Sementara 6 perusahaan lainnya merupakan perusahaan swasta nasional dengan pabrik yang berlokasi di Purwakarta, Bogor, Bekasi, Padang dan Balikpapan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kesembilan pabrikasi dalam negeri yang menjadi mitra Pertamina ini menyediakan sebagian besar material untuk pembuatan modular. Termasuk, totem Pertashop yang dibuat oleh 100 persen tenaga kerja Indonesia.

Baca juga : Kementan Tak Berhak, Pengamat: Tanaman Untuk Obat Urusan Kemenkes

Dengan demikian, TKDN dalam Pertashop hingga saat ini telah mencapai 71 persen. Jumlah ini akan terus ditingkatkan, sejalan penambahan mitra pabrikasi dalam negeri untuk proses pembangunannya. Dalam rangka mengejar target operasional 4.558 outlet Pertashop di akhir tahun 2020.

“Tingginya TKDN dalam pembangunan Pertashop merupakan komitmen Pertamina, untuk mendukung pertumbuhan industri manufaktur dalam negeri. Sehingga, dapat membuka lebih banyak lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Fajriyah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.