Dark/Light Mode

Rayakan Hari Jadi Ke-11, Tokopedia Gandeng Pegiat Usaha Lokal

Selasa, 18 Agustus 2020 15:54 WIB
Pemilik label Dewa Collection Bali, Dewanti Amalia Artasari/Ist
Pemilik label Dewa Collection Bali, Dewanti Amalia Artasari/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokopedia menyelenggarakan ‘Tokopedia Play Fest’, Senin 17 Agustus 2020 secara virtual. Selain untuk memperingati HUT Ke-75 Republik Indonesia, Tokopedia Play Fest ini juga diselenggarakan untuk merayakan hari jadi Tokopedia Ke-11.

“Sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia, kami sangat mengapresiasi seluruh pihak yang selama hampir 11 tahun mendukung dan menginspirasi kami dalam berkarya untuk Indonesia, mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital,” ungkap Founder Tokopedia William Tanuwijaya dalam keterangan tertulisnya.

“Walau peringatan kemerdekaan Indonesia sekaligus ulang tahun Tokopedia tahun ini berada di situasi yang penuh tantangan. Kami berharap adanya acara ini, masyarakat selalu punya asa untuk merayakan semangat baru demi beradaptasi dengan kebiasaan yang baru,” katanya.

Baca juga : Rayakan Kemerdekaan, 11 Tahun Tokopedia Bangga Bersama UMKM

Perayaan HUT Ke-11 Tokopedia melalui Tokopedia Play Fest terdiri dari sejumlah talkshow bersama para pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang. Mulai dari pakar teknologi Tokopedia, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan sederet pegiat usaha lokal dan lainnya.

Pemilik usaha dengan label Dewa Collection Bali, Dewanti Amalia Artasari mengatakan, dia memulai bisnis kerajinan benang untuk dekorasi rumah sejak tiga tahun silam. Amalia awalnya sama sekali tidak punya keterampilan membuat anyaman benang makrame.

Ia kemudian mempelajarinya secara mandiri dari kanal video streaming. Setelah memantapkan diri, Amalia bersama suami memutuskan keluar dari pekerjaan sebelumnya untuk fokus membangun bisnis ini.

Baca juga : Ramaikan HUT RI Ke-75, MRT Jakarta Gelar Kompetisi Virtual

“Saya pemalas yang ingin sukses. Saya hanya suka rebahan dan main handphone, maka saya akhirnya memutuskan memulai bisnis via online,” kata Amalia.

Awal 2020, Amalia membuka toko offline-nya, namun harus tutup karena pandemi, “Di tengah situasi pandemi corono ini, platform digital Tokopedia lah yang sangat membantu pegiat usaha lokal seperti kami dalam mempertahankan bisnis,” jelasnya.

Amalia mengatakan, harus menambah karyawan untuk memenuhi lonjakan pesanan online di tengah pandemi, yang mencapai lebih dari 5x lipat. 

Baca juga : HUT RI Ke-75 Jadi Momentum Perkuat Ketahanan Nasional

Amalia kini mempekerjakan lebih dari 30 perajin benang dan terus berharap bisa membuka lapangan pekerjaan untuk lebih banyak buat masyarakat.

Selain talkshow dengan sejumlah pembicara inspiratif, Tokopedia juga mengajak masyarakat berbagi kebaikan dengan berdonasi melalui kampanye Tokopedia Berbagi selama 14-17 Agustus 2020. 

Donasi yang terkumpul akan didistribusikan oleh BenihBaik untuk membantu masyarakat terdampak pandemi. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.