Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moratelindo Mulai Proyek Saluran Kabel Serat Optik Di Semarang

Rabu, 16 September 2020 17:15 WIB
Peletakan batu pertama proyek pelayanan publik dan serat optik Moratelindo oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Kepala KSO BPS-Moratelindo, Resi Y. Bramani. (Foto ist)
Peletakan batu pertama proyek pelayanan publik dan serat optik Moratelindo oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Kepala KSO BPS-Moratelindo, Resi Y. Bramani. (Foto ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) melalui KSO BPS-Moratelindo menggandeng PT Bhumi Pandanaran Sejahtera (Perseroda) memulai pembangunan proyek pelayanan publik, saluran serat optik, dan menara telekomunikasi seluler bersama di Semarang, Jawa Tengah.

Pembangunan ini sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama Penyediaan Pelayanan Publik Prasarana Pasif Telekomunikasi Kota Semarang pada 31 Januari 2020.

Pengerjaan proyek perdana ini dilakukan di ruas Jalan Pemuda. Peletakan batu pertama dilakukan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Kepala KSO BPS-Moratelindo, Resi Y. Bramani.

Baca juga : Salurkan Hasrat Dengan Olahraga

"Alhamdulillah, hari ini kami akan memulai babak baru dalam mendukung dan mewujudkan infrastruktur perkotaan yang indah, berestetika, dan dekat dengan teknologi. Langkah ini sebagai upaya untuk terwujudnya kota tanpa kabel," ucap Hendrar, Rabu (16/9).

Kerja sama ini dimulai dengan penyediaan saluran beton bertulang penampang huruf U atau U-ditch dan makroduct. Saluran itu berguna untuk menempatkan kabel serat optik para telekomunikasi. Dengan saluran ini, kabel serat optik tidak lagi bergelantungan di tiang-tiang dan mengotori estetika.

Dalam rangka groundbreaking pembangunan U-Ducting, Hendrar mengatakan, pemerintah Kota Semarang akan melakukan penutupan jalan mulai 14 September pukul 23.00 WIB-16 September pukul 24.00 WIB.

Baca juga : Menko Muhadjir Pastikan Kualitas Beras Bansos PKH Sesuai Standar

"Rute yang akan ditutup mulai dari Jalan Pemuda menuju Imam Bonjol dan lampu merah menuju Jalan Siliwangi," ujar dia.

Melalui proyek ini, KSO BPS-Moratelindo akan melaksanakan pembangunan U-ditch sepanjang 506.064 meter di ruas jalan milik Pemerintah Kota Semarang. Pembangunan diawali di jalan utama dan prioritas semisal, Jalan MT Haryono, Jalan Ahmad Yani, Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Bunderan Simpang Lima, Jalan Gajah Mada, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan Pemuda.

"Semoga upaya Pemkot Semarang ini bisa meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang telekomunikasi yang lebih berestetika. Kami berharap koordinasi dari pemilik layanan publik untuk ikut serta," kata dia.

Baca juga : Profesor Indonesia Raih Penghargaan Dosen Terbaik di Jerman

Moratelindo berupaya menyelesaikan proyek ini secara bertahap dengan mengadaptasi protokol kesehatan menghadapi pandemi Covid-19. Dengan protokol kesehatan itu, Moratelindo ingin menunjukkan komitmennya dalam melakukan pembangunan proyek strategis ini. Meski ada keterbatasan mobilitas dan kondisi perekonomian baik di Indonesia maupun global. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.