Dark/Light Mode

Seru, Gubernur BI Main Ketoprak Financial

Sabtu, 9 Maret 2019 09:50 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua kanan) berperan sebagai Prabu Dewa Wastu Kencana di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (8/3). (Foto: Humas BI)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua kanan) berperan sebagai Prabu Dewa Wastu Kencana di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (8/3). (Foto: Humas BI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada yang istimewa di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (8/3). Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, muncul sebagai sosok Prabu Dewa Wastu Kencana.

Tampil memukau dalam balutan tradisi yang dilestarikan, Gubernur BI memainkan peran dalam pergelaran Ketoprak Financial yang mengambil judul ‘Prabu Siliwangi’. Pergelaran ini antara lain bertujuan untuk melestarikan seni budaya tradisional, yang telah ada sejak pertengahan abad ke-18.

Baca juga : Garuda Muda Makin Mantap Ke Final Piala AFF U-22

Lestarinya seni budaya tradisional ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya sektor pariwisata secara umum.

Dalam kesempatan tersebut, Perry menyampaikan 3 hal yang mendasari BI, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan lembaga finansial lainnya turut berperan serta dalam pagelaran ini.

Baca juga : Gubernur BI Lantik 18 Pejabat Baru Bank Indonesia

"Pertama, komitmen sektor finansial untuk melestarikan budaya Indonesia. Kedua, komitmen membantu para budayawan untuk terus mengembangkan kebudayaan Indonesia yang adiluhur. Ketiga, memperkuat sinergi antarsektor. Tidak hanya dalam konteks perumusan kebijakan, tetapi juga dalam memajukan budaya Indonesia," ujar Perry, dalam keterangan tertulis yang diterima Rakyat Merdeka, Sabtu (9/3).

Ketoprak Financial adalah pergelaran seni tradisi ketoprak yang terdiri dari masyarakat keuangan, perbankan dan pasar modal, serta senior editor bekerja sama dengan Himpunan Seniman Panggung Wayang Orang dan Ketoprak Jakarta Adhi Budaya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.