Dark/Light Mode

Naik, Cadangan Devisa Indonesia Per Akhir Februari 2019

Jumat, 8 Maret 2019 15:34 WIB
Ilustrasi devisa (Foto: ANTARA)
Ilustrasi devisa (Foto: ANTARA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Februari 2019, tercatat 123,3 miliar dolar AS. Angka ini meningkat 3,2 miliar dolar AS, dibanding bulan sebelumnya, Januari 2019. 

Baca juga : Wonderful Indonesia Berpromosi di London Book Fair 2019

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,9 bulan impor atau 6,7 bulan impor, dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Bank Indonesia menilai, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal, serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Baca juga : Sukses Gelar Asian Games 2018, Indonesia Dapat Penghargaan Dari OCA

"Peningkatan cadangan devisa pada Februari 2019, terutama dipengaruhi oleh penerbitan sukuk global pemerintah, penerimaan devisa migas, dan penerimaan valuta asing lainnya," jelas Direktur Komunikasi BI Junanto Herdiawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/30. 

Baca juga : Pupuk Indonesia Perkuat Jaringan Distributor & Kios

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.