Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kookmin Pegang Saham Mayoritas

Kepercayaan Investor Ke Bukopin Meningkat

Jumat, 9 Oktober 2020 12:57 WIB
Ilustrasi. (Istimewa)
Ilustrasi. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepercayaan para investor kepada PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) diperkirakan bakal terjadi terus meningkat. Hal ini disebut-sebut sejak KB Kookmin Bank Co.Ltd menjadi pemegang saham mayoritas.

Pengamat Pasar Modal, Fendi Susiyanto menjelaskan Kookmin merupakan Bank komersial dengan fundamental dan kinerja keuangan yang kuat.

Keberadaan Kookmin sebagai pemegang 67 persen saham Bukopin dinilai akan memperkuat kepercayaan publik baik investor maupun nasabah kepada bank tersebut.

Baca juga : Batasi Kerumunan, Peserta Kampanye Kudu Lebih Kreatif

Dari data tercatat bahwa di tahun 2019 Kookmin menjadi pemimpin pasar pada segmen kredit UMKM di Korea Selatan dan menjadi bank komersial pertama yang menyalurkan kredit di segmen ini hingga 103,3 triliun won atau setara Rp 1.308 triliun.

Diharapkan hal ini bisa memiliki dampak strategis besar yaitu dapat memberikan potensi nilai tambah, dan terciptanya sinergi value dimasa mendatang bagi bank.

"Kookmin mumpuni secara keuangan, memiliki expertise di bidang bisnis tertentu (UMKM) untuk diterapkan dan dilakukan transfer knowledge, serta terjadi peningkatan sinergi operasional di Bukopin," jelas Fendiz, dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Ini Yang Hambat Investor AS Tanamkan Modal Di Indonesia

Menguatnya kepercayaan atas masuknya Kookmin membuat berbagai lembaga pemeringkat menaikkan rating Bukopin. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat korporasi Bukopin dari 'idA-' menjadi 'idAA' dengan Prospek Stabil.

Pefindo juga menetapkan peringkat Obligasi Subordinasi Berkelanjutan II Bank Bukopin menjadi 'idAA'. Rating 'idAA' dan Prospek Stabil bermakna bahwa Bukopin memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang dibandingkan terhadap obligor Indonesia lainnya.

Fitch Ratings Indonesia telah menetapkan Peringkat Nasional Jangka Panjang Bukopin menjadi ‘AA-(idn)’ dan ditetapkan berada dalam Rating Watch Positif.

Baca juga : Kookmin Bank Resmi jadi Pemegang Saham Pengendali Bank Bukopin

Peringkat tersebut masuk dalam kategori Investment Grade. Menurut Fendi, pelaku pasar juga memberikan respons positif terhadap peningkatan kepemilikan saham Kookmin di Bukopin.

“Meski terdapat dinamika akibat situasi pasar, sejak awal Agustus setelah Kookmin resmi menambah kepemilikannya, harga saham Bukopin dalam tren naik,” kata Fendi.

Marolop Alfred Nainggolan, Kepala Riset Praus Kapital mengatakan masuknya Kookmin ke Bukopin menunjukkan bahwa kepercayaan pelaku pasar global terhadap perbankan nasional masih sangat tinggi. Keberadaan Kookmin juga akan memperkuat fundamental Bukopin baik dalam jangka pendek maupun panjang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.