Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jalan Panjang Untuk Menjadi Seorang Masinis KAI

Jumat, 9 Oktober 2020 14:17 WIB
Seorang masinis yang sedang bertugas (Foto: Dok. KAI)
Seorang masinis yang sedang bertugas (Foto: Dok. KAI)

 Sebelumnya 
Selain itu, setiap masinis kereta api sebelum bekerja diwajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan, assesment pradinas, pengecekan kondisi lokomotif dan mematuhi Standar Operasional Prosedur dalam pekerjaan. Selain itu, masinis diwajibkan mematuhi protokol kesehatan terlebih saat pandemi Covid-19 dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Suhu tubuh, tekanan darah sampai tes alkohol akan dilakukan oleh tim kesehatan. Tim kesehatan akan memberikan alat tiup yang bisa mengukur kadar alkohol dalam tubuh, presentasinya harus nol, kalau tidak masinis tak boleh dinas.

Setelah dinyatakan aman, tim kesehatan akan memberikan surat keterangan sehat yang sudah dicap kepada masinis dan asisten masinis. Mereka harus kembali ke Penyelia Dinas untuk menunjukkannya. Sekali lagi, para awak kabin kereta api harus menunjukkan tanda kecakapan dengan penilaian singkat. Tunjuk sebut semboyan dilakukan untuk melihat fokus para masinis. 

Baca juga : Mau Perpanjang SIM Di Jakarta? Datang Ke 5 Lokasi Ini

Ada perlengkapan yang diberikan oleh Penyelia Dinas kepada masinis, yaitu arloji, suling mulut, dan senter. Tanda tangan persiapan dinas dibubuhkan, masinis menerima surat perintah perjalanan dinas. Masih belum selesai, masinis menerima O.100 atau tabel kereta api dan melakukan pengecekan lokomotif. Mesin lokomotif dihidupkan, layar monitor komputer di kabin menyala siap untuk dioperasikan. Perjalanan pun dimulai.

Profesi masinis merupakan pekerjaan yang menuntut tanggung jawab dan disiplin tinggi. Untuk menjaga hal tersebut, KAI rutin melakukan pembinaan kepada para masinis termasuk keluarganya. Tujuan pembinaan kepada keluarga masinis terutama istri masinis adalah agar mereka memahami tugas dari seorang masinis menuntut konsentrasi dan stamina yang baik. Sehingga pada saat berada di rumah, keluarga dapat memberikan dukungan kepada masinis seperti istirahat yang cukup dan asupan makanan dengan gizi yang baik. Pembinaan biasanya dilakukan langsung kepada istri atau keluarga masinis yang dipanggil secara bergantian atau melalui virtual meeting.

Baca juga : Jualan Kandang Burung Merpati

Masinis bukan sekedar profesi yang pekerjaannya hanya “menyetir” kereta api saja. Ada tanggung jawab dan beban kerja yang berat yang memaksa masinis harus tetap fokus sepanjang perjalanan. Ketika mereka sedikit melakukan kelalaian, keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api merupakan taruhannya. Jadi sangat wajar apabila KAI menerapkan kriteria ketat pada sosok yang ingin menjadi seorang masinis. 

Belum lagi, karakteristik pekerjaan masinis menuntut semangat profesionalisme yang tinggi karena mereka harus sering berdinas ke luar kota meninggalkan keluarga demi tugas untuk melayani pelanggan. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, nilai profesionalisme yang dijunjung tinggi insan KAI, tercermin dalam warna biru tua pada logo baru KAI yang diluncurkan pada 28 September lalu. Perubahan logo ini memiliki makna yang sangat penting karena mengandung semangat dan harapan baru. Filosofi yang terkandung dalam logo baru ini, menjadi cerminan KAI dan insan KAI yang lebih baik lagi ke depannya sehingga mampu mewujudkan visinya menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM di Jakarta? Yuk, Datang Ke 5 Lokasi Ini

"Semoga dengan logo baru ini memberikan spirit baru bagi KAI untuk mewujudkan visi berlandaskan pada nilai-nilai utama yang baru yaitu AKHLAK: Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” kata Joni, Jumat (9/10). [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.