Dark/Light Mode

Digelar Secara Daring

Sebanyak 2256 Karya Inovasi Bersaing Di LIKE PLN 2020

Selasa, 20 Oktober 2020 14:08 WIB
Menteri ESDM, Arifin Tasrif saat menyampaikan paparan dalam acara pembukaan LIKE 2020. (Dok. PLN)
Menteri ESDM, Arifin Tasrif saat menyampaikan paparan dalam acara pembukaan LIKE 2020. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN kembali menggelar acara Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition (LIKE) 2020. Ini merupakan ajang kompetisi karya-karya inovasi dari unit-unit dan anak usaha PLN seluruh Indonesia.

Berbeda dari tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19, acara kali ini berlangsung secara daring.

Digelar selama tiga hari mulai tanggal 20 – 22 Oktober 2020, kegiatan yang dilaksanakan meliputi seleksi karya inovasi pegawai, knowledge sharing, dan pameran karya inovasi pegawai.

LIKE merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Listrik Nasional ke-75 yang bertujuan untuk mendorong lahirnya produk-produk inovasi yang akan meningkatkan kinerja perusahaan.

Baca juga : Bio Farma Upayakan Harga Vaksin Di Bawah Rp 200 Ribu

Pada seleksi karya inovasi pegawai tahun ini, terpilih 34 dari 308 karya inovasi yang akan dipresentasikan dan akan dinilai oleh dewan juri tingkat nasional.

Karya-karya inovasi ini telah melalui tahapan seleksi sebelumnya yang dimulai sejak bulan Maret 2020.

Karya inovasi di lingkungan PLN terbagi menjadi lima kategori yaitu Pembangkitan, Transmisi, Distribusi, Technical Supporting, dan Proses Bisnis Manajemen, serta bidang strategis yang diikuti oleh senior leader.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif apresiasi LIKE 2020 yang tetap di gelar di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga : Golkar Akui 95 Persen Usung Kader Internal Di Pilkada 2020

Menurutnya, kegiatan ini menjadi energi optimisme dalam rangka mendorong semangat inovasi dan meningkatkan kinerja pegawai.

“Semangat ini menjadi upaya PLN mewujudkan bisnis ketenagalistrikan yang lebih sehat dan memberikan manfaat yang lebih optimal bagi masyarakat bangsa dan negara,” ucap Arifin.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan bahwa pembangkit EBT dan electricity storage menjadi peluang, tantangan dan menjadi agenda riset strategis yang harus dijawab oleh lembaga penelitian dan pengembangan ketenagalistrikan.

Di era new normal, PLN diharapkan dapat terus berinovasi untuk menjawab ekspektasi pelanggan untuk menjadi cepat dan responsif dengan menggunakan teknologi baru dan transformasi digital.

Baca juga : Cadangan Devisa Indonesia Berpotensi Hilang Rp 26,5 T

“Kemenristek/BRIN mendukung PLN untuk terus berinovasi guna mencapai transformasi Indonesia menjadi negara dengan ekonomi berbasis Inovasi,” tutur Bambang.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini menjelaskan bahwa saat ini PLN telah mencanangkan transformasi baru yaitu Green, Lean, Innovative dan Customer Focused.

“Melalui acara LIKE PLN ini, kita dapat terus mengembangkan inovasi-inovasi terbaik PLN dalam menjawab tantangan industri 4.0,” tutur Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.