Dark/Light Mode

Stimulus AS Bakal Cair Sebelum Pilpres, Rupiah Senyum-senyum

Rabu, 21 Oktober 2020 10:24 WIB
Stimulus AS Bakal Cair Sebelum Pilpres, Rupiah Senyum-senyum

RM.id  Rakyat Merdeka - Stamina rupiah pagi ini lumayan bagus. Meski hanya menguat tipis 0,08 persen atau bercokol di level Rp 14.646 per dolar Amerika Serikat (AS).

Penguatan juga dialami rata-rata mata uang Asia lainnya.  Sebut saja won Korea yang naik 0,5 persen. Disusul yuan China 0,14 persen, ringgit Malaysia 0,13 persen, baht Thailand 0,12 persen, dolar Singapura 0,11 persen, yen Jepang 0,09 persen, dan peso Filipina 0,01 persen.

Baca juga : Isu Stimulus AS Masih Jadi Tekanan Rupiah

Indeks dolar AS terhadap enam mata uang asing saingannya justru terpantau turun 0,41 persen menjadi 93,0615.

Sementara nilai tukar mata uang Garuda terhadap euro melemah 0,11 persen di level Rp 17.345. Terhadap dolar Australia juga lemah 0,41 persen di level Rp 10.369. Begitu pula di depan yuan China, anjlok 0,23 persen di level Rp 2.203.

Baca juga : Trump Nolak Stimulus Ekonomi, Rupiah Melesat

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, stamina rupiah yang cukup oke pada hari ini, antara lain dipicu oleh kabar bakal segera diluncurkannya stimulus ekonomi AS. Kemungkinan, sebelum Pilpres AS 3 November mendatang.

"Semalam, ada perkembangan menarik soal stimulus yang mendorong penguatan harga emas," ujar Ariston dalam riset, Rabu (21/10).

Baca juga : UU BI Mau Direvisi, Rupiah Tertekan

Trump disebut menawarkan nilai proposal stimulus yang lebih besar dibanding Partai Demokrat. Ini mengindikasikan keinginan Trump, untuk segera mendapatkan kesepakatan dan meluncurkan stimulus sebelum Pilpres.

"Sepertinya, ini disambut baik dan direspon positif oleh pasar. Nilai aset berisiko menguat, termasuk rupiah. Rupiah hari ini diprediksi berada di kisaran level Rp 14.550-14.750 per dolar AS," pungkas Ariston. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.