Dark/Light Mode

Libur Panjang, Penerbangan Naik, Pertamina Siaga Avtur

Selasa, 27 Oktober 2020 20:51 WIB
Libur Panjang, Penerbangan Naik, Pertamina Siaga Avtur

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel  memastikan stok avtur saat ini dalam kondisi aman, dengan ketahanan mencapai lebih dari 21 hari.

Dalam libur panjang cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, diprediksi akan terjadi peningkatan pergerakan penumpang pesawat. Karena itu, Pertamina akan memasimalkan layanan pengisian bahan bakar pesawat.

Peningkatan pergerakan penumpang akan meningkat melalui jalur udara hingga akhir tahun, setelah pemerintah mengeluarkan stimulus membebaskan biaya retribusi bandara atau airport tax. Sehingga, jalur transportasi penerbangan akan bergeliat kembali dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19.

Baca juga : Jelang Libur Panjang, Pertamina Pastikan Pasokan BBM, LPG dan Avtur Aman

"Pertamina tetap melakukan pengamanan, suplai dan distribusi. Kami akan segera menindaklanjuti, jika sewaktu-waktu diperlukan tambahan stok akibat lonjakan frekuensi penerbangan", ujar Unit Manager Comrell & CSR Sumbagsel, Umar Ibnu Hasan.

Penetapan Covid-19 sebagai pandemi pada Maret 2020, yang kemudian diikuti dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), serta transportasi udara yang tidak diizinkan beroperasi untuk mencegah penularan Covid-19,  telah berimplikasi pada  konsumsi avtur di seluruh wilayah di Indonesia.

Namun, pada Agustus 2020, konsumsi avtur sempat mengalami kenaikan 62 persen dibanding periode Juli 2020, dari  1.110 kiloliter menjadi 1.783 kiloliter. Seiring pemberlakuan  kenormalan baru, yang diterapkan pemerintah.

Baca juga : Kemenpora Kawal Penggunaan Dana Pelatnas Cabor

Konsumsi berangsur naik pada bulan September 2020 menjadi 1.878 kiloliter, namun masih jauh dari rata-rata konsumsi sebelum Covid-19 ( Januari-Februari) sebesar 4.756 kiloliter.

Umar menambahkan, pembukaan tujuan wisata dan juga tradisi Maulid Nabi di wilayah Sumatera, diproyeksi mampu meningkatkan konsumsi Avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) wilayah Sumbagsel, yakni DPPU Sultan Thaha (Jambi),  DPPU SM Badaruddin II (Palembang) , DPPU Raden Inten (Bandar Lampung), DPPU Depati Amir (Pangkalpinang), DPPU Fatmawati (Bengkulu), dan DPPU Hanandjoeddin (Belitung). Meski belum bisa kembali ke kondisi normal.

Secara umum, kondisi operasional di 4 (empat) DPPU dan 2 (dua) lokasi DPPU Kerja Sama Operasi (KSO), dalam kondisi aman dan lancar.

Baca juga : Jari Ma`ruf Diarahkan Ke Siapa

"Pertamina senantiasa memantau kondisi di lapangan, serta menyiapkan proyeksi kebutuhan masyarakat", tutup Umar.

Masyarakat yang ingin tahu informasi lebih lanjut terkait produk dan layanan Pertamina, dapat menghubungi Call Center 135. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.