Dark/Light Mode

BI Dan Singapura Perpanjang Kerja Sama Keuangan Bilateral

Kamis, 5 November 2020 15:17 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) memperpanjang kerja sama keuangan bilateral senilai 10 miliar dolar AS untuk periode satu tahun ke depan. 

Kerja sama ini telah berlangsung sejak November 2018 sebagai tindak lanjut dari kesepakatan antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong untuk mendukung stabilitas moneter dan keuangan di kedua negara.

Baca juga : Ini Program Jangka Panjang Kementan Untuk 4 Tahun Ke Depan

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan, kerja sama ini terdiri atas dua perjanjian. Pertama, Local Currency Bilateral Swap Agreement (LCBSA) yang memungkinkan dilakukannya pertukaran mata uang lokal antara kedua bank sentral hingga senilai 9,5 miliar dolar Singapura atau Rp 100 triliun atau sekitar ekuivalen 7 miliar dolar AS.

Kedua, Bilateral Repo Agreement (BRL) yang memungkinkan dilakukannya transaksi repo antara kedua bank sentral untuk mendapatkan likuiditas dalam dolar AS hingga senilai 3 miliar dolar AS dengan menjaminkan obligasi pemerintah yang diterbitkan oleh negara-negara G3 (Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman) yang dimiliki oleh kedua bank sentral. 

Baca juga : Sering Kedodoran, Yamaha Fokus Pengembangan Mesin

“Kerja sama ini sebelumnya telah diperpanjang untuk pertama kali, November 2019,” ujarnya.

Perpanjangan yang kedua ini menunjukkan komitmen Indonesia dan Singapura untuk tetap saling mendukung dalam rangka membangun kepercayaan terhadap kondisi perekonomian di masing-masing negara di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. [DWI]

Baca juga : Ketua MPR: UU Cipta Kerja Berikan Kemudahan Berusaha

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.