Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Teten: Penerima UKM Award 2020 Pahlawan Produk Lokal

Kamis, 5 November 2020 19:51 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 10 unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terpilih sebagai penerima UKM Award 2020. Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan, ke-10 UKM tersebut merupakan pahlawan produk lokal.

Ke-10 UKM yang menerima penghargaan itu adalah CV Adi Daya Group (Jawa Tengah) di sektor makanan minuman olahan kemasan, CV Jokopi Indonesia (Jawa Timur) di sektor makanan minuman olahan kemasan, Koperasi Jasa Noto Wono (DIY) di sektor jasa, Koperasi Mandiri Karya Madani (Sumatera Selatan) di sektor makanan minuman olahan kemasan, PALA Nusantara (Jawa Barat) di sektor fesyen dan apparel. PT Cloud Hosting Indonesia (Riau) di sektor jasa, PT Kampung Marketerindo Berdaya (Jawa Tengah) di sektor jasa, PT Kreasi Karya Raya (Jawa Timur) di sektor jasa, PT Pavettia Nuansa Alami (Jawa Barat) di sektor produk kosmetik dan spa, Sirtanio Organik Indonesia (Jawa Timur) di sektor makanan minuman olahan kemasan, Virgil Coffee (Nusa Tenggara Timur) di sektor makanan minuman olahan kemasan.

Baca juga : Menperin: Perpanjangan GSP Perluas Pasar Produk RI Di AS

“Para UKM penerima penghargaan UKM Award yang berasal dari beberapa daerah adalah sosok-sosok pahlawan produk lokal UKM di daerahnya masing-masing,” ucap Teten, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (5/11).

Teten berharap, para UKM ini tidak hanya sebagai pengungkit ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat setempat. Tetapi juga dapat mengagregasi dan mempercepat tumbuhnya brand-brand nasional yang mampu bersaing secara global.

Baca juga : Peringatan Hari Pahlawan Ikuti Protokol Covid

UKM Award merupakan program yang digagas Kemenkop UKM sebagai salah satu bagian dalam gerakan Bangga Buatan Indonesia. Program ini bertujuan memberikan penghargaan kepada para pelaku UKM nasional dalam bentuk fasilitasi serta dukungan pemerintah

"Tema yang diusung program UKM Award adalah Pahlawan Produk Lokal, yang dapat dimaknai sebagai pencapaian dari prestasi yang dihadirkan para pelaku UKM Indonesia yang tetap produktif dan inovatif di masa pandemi. Sehingga, menjadi inspirasi dan kebanggaan bagi bangsa," jelas Teten.

Baca juga : Kemendag Garap Pasar Produk Halal Taiwan

Rangkaian UKM Award telah dilakukan dari pertengahan September 2020. Dimulai dengan kegiatan FGD, sosialisasi, penjaringan proposal dari pelaku UKM se-Indonesia, kurasi lokal dan nasional, hingga pelaksanaan penjurian.

Teten menjelaskan, pemilihan pelaku UKM pada rangkaian UKM Award dilakukan dengan menjaring 832 unit proposal dari pelaku UKM se-Indonesia melalui pendaftaran yang ditutup pada 14 Oktober 2020. "Untuk kemudian, seluruhnya diseleksi dan dikurasi tim kurator dengan mempertimbangkan persyaratan dan ketentuan, kelengkapan dokumen, serta melakukan wawancara dan menilai potensi dari para UKM," jelasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.