Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Airlangga Beberin Laporan IMF

Pertumbuhan Ekonomi RI Terbaik Setelah China

Kamis, 26 November 2020 06:57 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan laporan International Monetary Fund (IMF) terbaru, pertumbuhan ekonomi Indonesia menempati posisi terbaik kedua sesudah China di antara negara G-20.

Hal itu dibeberkan Menko Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto. Dia mengklaim, capaian itu berkat kerja keras Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). 

“Ini sebuah pencapaian yang patut kita syukuri bersama. Program-program pemerintah yang dijalankan untuk pemulihan ekonomi nasional cukup berhasil dan diakui oleh dunia,” ungkap Airlangga, kemarin. 

Baca juga : Airlangga Targetkan Aturan Turunan UU Ciptaker Kelar Akhir Bulan Ini

Dia menuturkan, sepanjang tahun 2020 penuh tantangan. Sejak pandemi merebak, kondisi perekonomian global menghadapi tekanan luar biasa. 

Perekonomian seluruh negara di dunia, termasuk anggota G-20 juga mengalami kontraksi cukup parah. Namun, berkat semangat dan kerja keras KPCPEN serta arahan dari Presiden Jokowi, Perekonomian Indonesia mampu bertahan di tengah hantaman gelombang pandemi. 

Airlangga meyakinkan, saat ini Indonesia sudah masuk masa pemulihan ekonomi, yang akan terus berlangsung hingga tahun 2021. 

Baca juga : Retno Dorong Pertumbuhan Ekonomi Yang Aman Di Tengah Pandemi

Hal itu bisa dilihat dari berbagai indikator kinerja ekonomi nasional. Utilisasi sektor industri membaik dengan rata-rata di angka 55 persen. 

Selain itu, terjadi penurunan risiko investasi di mana nilai indeks saham membaik dan kapitalisasi pasar mulai pulih. 

“Indonesia akan mencapai pertumbuhan berkisar 1,6 persen hingga 6 persen. Hal ini akan membuat Indonesia berada di range pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dari negara lain,” ungkap Airlangga. 

Baca juga : Fadel Dorong Pemerintah Perkuat Basic Ekonomi

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan, pemerintah ke depan akan terus memperkuat perekonomian. 

“Kita akan menjaga ekonomi Indonesia agar mampu mengatasi Covid-19 dan sekaligus memulihkan ekonomi menjadi ekonomi yang lebih kuat, sehat, dan mampu membangun fondasi yang lebih baik,” ujar Ani-sapaan akrab Sri Mulyani. [NOV]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.