Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Persiapan Pemulihan Ekonomi

Fadel Dorong Pemerintah Perkuat Basic Ekonomi

Selasa, 17 November 2020 22:21 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad.
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad meyakini bahwa pandemi Covid-19 lambat laun pasti akan mereda dan hilang di Indonesia.  Apalagi, pemerintah saat ini sedang gencar mempersiapkan vaksin.  

Menurut Fadel, selain masalah kesehatan, yang harus  diperhatikan adalah masalah ekonomi akibat pandemi.  

Fadel meminta,  mulai dari sekarang, semua puhak melakukan berbagai persiapan yang tepat. Dia menyebutkan, salah satu kunci pemulihan ekonomi, yakni kembali kepada basic economi Indonesia yaitu pertanian dan perikanan. 

Baca juga : Bertemu KOAPGI, Bamsoet Dorong Pemerintah Permudah Ekspor Domba

"Jika dua hal ini tumbuh maka daya beli masyarakat akan semakin meningkat dan roda perekonomian kembali berjalan," ungkap Fadel Muhammad dalam acara Seminar Nasional Kebangsaan bertema 'Gorontalo dalam Kerangka Tantangan dan Solusi Mengatasi Masalah Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19' kerjasama MPR dengan Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo, di Ballroom Hotel Grand Q, Gorontalo, Selasa (17/11).  

Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, Rektor Unisan Dr. Abdul Gaffar La Tjokke, Rektor Universitas Pohuwato (Unipo) Dr. Juriko Abdussamad, dosen serta mahasiswa dan mahasiswa Unisan dari berbagai fakultas.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini meminta  Pemerintah Daerah memberikan dukungan.  Antara lain dengan membantu pemasarannya, sebab tidak semua petani dan nelayan memiliki pengetahuan dan akses penjualan yang memadai.

Baca juga : Praktisi Hukum Dorong DPR Perkuat Pengawasan Minuman Beralkohol

"Pemerintah Daerah mesti memiliki tanggung jawab yang besar soal itu. Edukasi dan bantu mereka dengan sungguh-sungguh, bangun juga infrastruktur yang baik untuk mempermudah jalur perekonomian rakyat," katanya.

Pimpinan MPR dari Kelompok DPD ini memberi contoh, saat dirinya menjabat Gubernur Gorontalo, bidang pertanian dan perikanan menjadi hal utama yang diperhatikan untuk meningkatkan perekonomian rakyat.

   "Saya buat program-program pro rakyat dan saya beri insentif bagus buat para camat serta kepala-kepala desa yang berhasil menaikkan produksi pertanian dan perikanan secara kuantitas dan kualitas. Alhamddulilah, berhasil.  Salah satunya, Gorontalo pernah naik produksi jagungnya hingga 1 juta ton," tambahnya.

Baca juga : Suharso: Pemulihan Ekonomi Dan Kelestarian Lingkungan Seperti Sayap Angsa

Fadel mengajak seluruh elemen masyarakat petani, nelayan, pemerintah daerah, pemerintah pusat untuk bersinergi, saling bergandengan tangan, bersatu dalam menghadapi bencana pandemi Covid-19 ini.  "Bersama-sama kita keluar dari masalah berat ini menuju Indonesia makmur di masa depan,"  pungkasnya. QAR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.