Dark/Light Mode

Genjot Produktivitas, Tiga Perusahaan Agriculture Di Kalbar Tambah Daya Listrik

Kamis, 26 November 2020 06:56 WIB
Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Kalbar, Samuji (ketiga kiri) ikut menyaksikan penyerahan berkas MoU pelanggan premium kepada Kepala Unit PT. Wilmar, Muhammad Erwin (ketiga kanan). (Dok. PLN)
Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Kalbar, Samuji (ketiga kiri) ikut menyaksikan penyerahan berkas MoU pelanggan premium kepada Kepala Unit PT. Wilmar, Muhammad Erwin (ketiga kanan). (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan produktivitas pabrik, PT. Wilmar Cahaya Indonesia (WCI), PT. Joseph Tresna Karya (JTK), dan PT. Kalimantan Kelapa Jaya (KKJ) lakukan penambahan daya listrik dan nikmati layanan listrik premium PLN. Acara selebrasi penyalaannya dilaksanakan dimasing-masing lokasi pabrik pada Rabu (25/11) .

Menurut Kepala Unit PT. Wilmar, Muhammad Erwin, penambahan daya listrik yang dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan produktivitas pabrik karena ada penambahan jenis produk yang dihasilkan.

Perusahaan agriculture yang selama ini mengolah biji sawit menjadi produk minyak goreng, sabun, bahan baku kosmetik, dan lain-lain ini juga akan segera memproduksi minyak tengkawang.

"Peningkatan daya listrik dengan mutu yang andal sangat kami butuhkan untuk peningkatan produktivitas mesin di pabrik kami. Mengingat sistem kerja mesin kami saat ini menggunakan sistem digital sehingga rentan terhadap gangguan listrik, dan layanan premium PLN adalah jawabannya," tutur Erwin. 

Baca juga : Banpres Produktif Jadi Angin Segar Bagi Pedagang Kopi Di Lombok Barat

Pihaknya akan fokus pada bisnis yang dijalankan, sementara urusan listriknya diserahkan kepada PLN.

Project and Utility Manager PT. KKJ Suyatno mengatakan bahwa listrik yang andal diperlukan untuk mesin-mesin di pabrik mereka yang baru yang direncanakan akan beroperasi pada minggu ke 3 bulan Desember.

Perusahaan agriculture yang terletak di Jalan Raya Nusapati Kabupaten Mempawah ini fokus pada pengolahan daging dan air buah kelapa untuk kebutuhan ekspor ke beberapa negara Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika, Brazil, dan Argentina.

Dijelaskan, mesin-mesin baru di perusahaan berteknologi eropa dengan sistem digital, sehingga sangat peka terhadap gangguan listrik meski hanya sesaat. Gangguan tersebut dapat berakibat fatal pada proses produksi yang sedang dijalankan.

Baca juga : PUPR Bangun Jembatan Gantung Terpencil Di Banten

"Kami berharap dengan melakukan penambahan daya serta layanan premium kekhawatiran kami terhadap terjadinya gangguan listrik dapat teratasi," tutur Suyatno.

Senada, Senior Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Kalbar, Samuji, mengatakan bahwa pihaknya mendukung sepenuhnya upaya para pelaku bisnis dan industri dalam meningkatkan produktivitas usahanya melalui kesiapan serta keandalan pasokan listrik.

"Kami berharap bisnis agriculture di Kalimantan Barat dapat terus tumbuh sehingga berdampak positif bagi lingkungan sekitarnya," kata Samuji.

Menurutnya, dimasa pandemi ini, bisnis agriculture masih tetap eksis dan terus berkembang. PLN juga memahami dimasa pandemi ini banyak usaha-usaha yang terdampak, sehingga konsumsi listriknya berkurang.

Baca juga : Layanan Baru Prodia, Perawatan Kulit Dan Rambut Sesuai DNA

Pemerintah melalui PLN memberikan stimulus Covid-19 dengan menghilangkan jam nyala minimum, sehingga pelanggan bisnis dan industri hanya membayar sesuai dengan apa yang dipakai.

PLN juga terus berupaya meningkatkan mutu layanan, salah satunya dengan layanan premium sehingga suplai tenaga listrik ke pelanggan dapat lebih andal dan bermutu.

Samuji menilai, keberadaan perusahaan agriculture memberikan mutiplier effect bagi kehidupan dan perekonomian masyarakat sekitar, dimana akan menyerap tenaga kerja, serta usaha kecil akan tumbuh disekitar pabrik sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

"Keberadaan perusahaan agriculture yang mengolah buah kelapa juga dapat memajukan Koperasi Unit Desa yang menyerap hasil panen kelapa masyarakat setempat,"pungkas Samuji. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.