Dark/Light Mode

Menkop Teten : Fintech Makin Membuka Akses Pembiayaan Bagi UMKM

Jumat, 4 Desember 2020 15:10 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran financial technology (fintech) diharapkan bisa semakin membuka akses pembiayaan bagi UMKM, terutama UMKM yang masih belum tersentuh oleh perbankan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, terkait ekonomi digital, tidak hanya bicara soal aspek pemasaran/market semata. Salah satu elemen pilar dari ekonomi digital adalah kehadiran fintech dari sisi akses pembiayaan yang mudah, murah, dan mengoptimalkan teknologi digital.

Baca juga : Menteri Teten : KSPPS Dimungkinkan Jadi Penerima dan Pengumpul Wakaf

"Saat ini, terdata setidaknya 23 juta pelaku UMKM belum mendapatkan akses pembiayaan perbankan. Ini bisa disentuh oleh fintech," imbuh Teten dalam diskusi KoinWorks bertajuk Potensi Digitalisasi Keuangan dalam Melawan Kemerosotan Perekonomian, Kamis (3/12).

Lebih lanjut Teten mengatakan inklusivitas ekonomi menjadi salah satu fitur penting fintech karena memberikan kemudahan bagi UMKM dalam mengakses pembiayaan modal kerja.

Baca juga : Senayan Dukung Holding BUMN Pembiayaan UMKM

Dari data Bank Indonesia (BI), pertumbuhan fintech di Indonesia pada Oktober 2020 saja, total jumlah transaksi e-Money mencapai Rp 18,8 triliun. Jumlah sebesar Rp 128,7 triliun akumulasi pembagian pinjaman pada September 2020 melalui 29,2 juta akun peminjam, menjadi salah satu akses pendanaan bagi UMKM selain konsumen individual.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.