Dark/Light Mode

Pertamina EP Raih Tiga PROPER Emas Dan 12 Hijau Dari KLHK

Selasa, 15 Desember 2020 14:15 WIB
Di tengah kondisi pandemi Covid-19, PT Pertamina EP (PEP) berhasil meraih tiga PROPER Emas melalui Rantau, Tambun, dan Subang Field dan 12 PROPER Hijau di ajang PROPER 2020.
Di tengah kondisi pandemi Covid-19, PT Pertamina EP (PEP) berhasil meraih tiga PROPER Emas melalui Rantau, Tambun, dan Subang Field dan 12 PROPER Hijau di ajang PROPER 2020.

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah kondisi pandemi Covid-19, PT Pertamina EP (PEP), Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah SKKMIGAS, berhasil meraih tiga PROPER Emas melalui Rantau, Tambun, dan Subang Field dan 12 PROPER Hijau di ajang PROPER 2020. 

Prestasi ini merupakan wujud komitmen PEP sebagai perusahaan migas nasional di bawah PT Pertamina (Persero) yang menerapkan standar tinggi dalam mengedepankan tanggungjawab sosial dan lingkungan (TJSL) di seluruh area operasi di Indonesia.

Penghargaan PROPER 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diserahkan langsung oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya dan diterima oleh Direktur Utama Pertamina EP Eko Agus Sardjono di Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/12). 

Berita Terkait : Pertamina Pede Jadi Pemimpin Transisi EBT

PROPER adalah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. PROPER didesain untuk mendorong penataan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan melalui instrumen insentif dan disinsentif.

Eko Agus mengatakan, pandemi Covid-19 merupakan situasi yang tidak mudah untuk dihadapi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat dan industri, terlebih Pertamina EP tetap melaksanakan penugasan untuk penyediaan energi nasional seperti biasa, sehingga Pertamina EP tetap melaksanakan kegiatan operasional dengan mempertahankan dan menjaga aspek-aspek lingkungan hidup.

“Dengan tiga PROPER Emas dan 12 PROPER Hijau yang Pertamina EP dapatkan, saya mengapresiasi para Perwira Pertamina EP yang telah bekerja keras mengimplementasikan pengelolaan lingkungan hidup dalam kegiatan operasional perusahaan dan komitmen terhadap pengembangan masyarakat secara berkelanjutan,” ujarnya.

Berita Terkait : Penuhi Kebutuhan Energi Nasional, Pertamina EP Genjot Pengeboran Di 2021

Pertamina EP sebenarnya menempatkan tujuh field sebagai kandidat peraih Emas tahun ini. Selain Rantau, Tambun, dan Subang yang akhirnya meraih Emas, empat lain mencapai predikat kandidat Emas, yaitu Prabumulih Field, Tanjung Field, dan Sangasanga Field.  

“Total tujuh kandidat PROPER Emas untuk Pertamina EP merupakan prestasi tersendiri bagi kami. Hal ini merupakan kandidat emas terbanyak yang membanggakan. Untuk itu, saya berharap field lain dapat mengikuti prestasi ini di masa mendatang,” katanya.

Tiga field Pertamina EP yang meraih Emas tahun ini merupakan field yang kontinu mempertahankan PROPER dalam tiga tahun terahir. Bahkan Pertamina EP Rantau Field sejak 2015 hingga 2020 terus meraih PROPER Emas. 

Berita Terkait : Pertamina EP Raih Best of The Best Dalam UIIA 2020

Eko mengatakan, pandemi Covid-19 sedikit banyak mempengaruhi realisasi program Pertamina EP demi mempertahankan PROPER Emas 2020. Karena itu, lanjut Eko, Pertamina EP akan melakukan pengkajian yang mendalam dan kolaborasi semua pihak untuk tetap mewujudkan program yang selaras dengan kondisi terkini.  

Pertamina EP akan memutakhirkan pemetaan pemangku kepentingan, pemetaan potensi SDM, SDA, modal, dan sumber daya pendukung dan melakukan analisis kebutuhan masyarakat untuk untuk menciptakan value chain dan inovasi di masyarakat sangat diperlukan.

“Hal ini sebagai bentuk responsivitas dan sensitivitas terhadap penanganan Covid-19 sekaligus menjaga roda ekonomi penerima manfaat tetap berjalan,” ungkap Eko. 
 Selanjutnya