Dark/Light Mode

Pertamina: Utamakan Keselamatan Di SPBU

Minggu, 25 Oktober 2020 10:26 WIB
Pertamina: Utamakan Keselamatan Di SPBU

RM.id  Rakyat Merdeka - SPBU 34.43225 Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat sudah beroperasi melayani masyarakat pada Jumat (23/10) pagi, pasca peristiwa kebakaran 1 unit mobil Carry Pick Up di sekitar area SPBU pada Kamis (22/10).

Terkait hal tersebut, PT Pertamina (Persero) kembali mengingatkan konsumen, agar selalu mengutamakan keselamatan selama berada di area SPBU.

Unit Manager Communication, Relation & CSR Marketing Operation Region III Eko Kristiawan mengatakan, SPBU merupakan area berbahaya, apabila konsumen tidak mengindahkan keselamatan.

Baca juga : Pengusaha Smartphone Usulkan Pengaturan Imei

Di SPBU, telah dipasang tanda-tanda untuk menjaga keamanan bersama. Seperti imbauan untuk tidak membawa barang berbahaya yang dapat memicu terjadinya api, mematikan mesin kendaraan jika ingin mengisi bahan bakar, serta tidak melakukan panggilan telepon.

Selain itu, juga tidak mengisi BBM selain ke tangki kendaraan, dan tidak memodifikasi tangki BBM.

"Kami mengingatkan konsumen, agar selalu memperhatikan peraturan keselamatan selama berada di area SPBU," jelas Eko.

Baca juga : Pertamina Raih 13 Penghargaan Nusantara CSR Award 2020

Mobil Carry Pick-up yang terbakar, diidentifikasikan sebagai pengecer LPG ilegal, karena tidak terdaftar sebagai kendaraan pangkalan resmi LPG Pertamina. Padahal saat pengisian BBM, mobil Carry tersebut membawa muatan lebih dari 30 tabung gas LPG.

"Pastikan keamanan kendaraan, sebelum memasuki area SPBU. Terutama, benda pemicu kebakaran," ujar Eko.

Selain itu, konsumen harus memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan Covid-19. Seperti memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan di fasilitas yang telah disediakan setelah bertransaksi.

Baca juga : Tambah Pasokan, Pertamina Perketat Pengawasan Elpiji 3 Kg Di Siak

Pertamina juga menyediakan sarana pembayaran elektronik bagi konsumen yang ingin bertransaksi nontunai, untuk menghindari kontak fisik.

“Kami bersyukur, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Pulau pompa di SPBU Warungkondang juga tidak mengalami kerusakan. Kami juga mengapresiasi tindakan Operator SPBU, yang cepat tanggap dalam keadaan darurat,” tutur Eko.

Jika memerlukan informasi seputar pelayanan dan produk Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Call Center 135. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.