Dark/Light Mode

Luhut Apresiasi Tembusnya Terowongan Kereta Cepat

Selasa, 15 Desember 2020 23:24 WIB
Menteri Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki akhir tahun, proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) kembali menapaki pencapaian konstruksi dengan ditembusnya struktur terowongan yang terbentang sepanjang 1,8 kilometer melintang di bawah Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yakni Tunnel #1 Halim.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi tembusnya terowongan yang melintang di bawah Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau disebut Tunnel #1 Halim proyek KCJB.

"Hanya dengan team work yang kuat, kita semua bisa mewujudkan transportasi mobile modern yang kelak membanggakan bangsa Indonesia," ujar Luhut dikutip dari keterangan resmi yang dirilis PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di Jakarta, Selasa (15/12).

Baca juga : Kemendikbud Luncurkan Platform Dan Apresiasi Pemenang Kompetisi Jalur Rempah

Direktur Utama PT KCIC, Chandra Dwiputra menerangkan, penembusan jalan tersebut merupakan hasil sinergi dan kolaborasi dua negara untuk menghadirkan kereta cepat di Tanah Air.

"Para ahli dari Indonesia dan Tiongkok bersinergi dalam setiap proses, sehingga transfer ilmu terjadi secara terus menerus di berbagai sisi persiapan," ujarnya.

Chandra menambahkan tuntasnya pekerjaan Tunnel #1 menambah sederet prestasi Proyek KCJB dan mendorong progres konstruksi hingga mencapai presentase 63,9 persen.

Baca juga : Apresiasi Sektor IKM, Kemenperin Tebar Penghargaan Upakarti Dan IGDS

"Di lapangan, angka ini merepresentasikan lima tunnel yang telah ditembus. Dengan demikian, progres pekerjaan tunnel telah mencapai 74,94 persen dari total panjang seluruh tunnel kereta cepat yakni 16 km," ujarnya.

Chandra juga menyebutkan bahwa setelah Tunnel #1, dalam kurun waktu dua bulan ke depan akan terdapat dua tunnel kereta cepat yang akan tertembus.

Sejalan dengan hal itu, lanjut dia, pada konstruksi struktur elevated, 1.741 batang pier telah berdiri di sepanjang lintasan Jakarta - Bandung dan siap untuk dihubungkan.

Baca juga : Partai Emas Buka Lowongan Kerja Untuk Driver Ojol

Di sisi lain, lebih dari 12.000 batang rel kereta cepat dengan panjang masing - masing 50 meter, juga tengah memasuki proses pengiriman dari Tiongkok secara bertahap.

Hadir dalam acara tembusnya Tunnel #1 itu, antara lain Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok, Xiao Qian, Wakil Menteri II Kementerian BUMN, Kartiko Wirjoatmodjo, sejumlah Komisaris dan Direksi BUMN, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI). [KPJ]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.