Dark/Light Mode

Top, Pertamina RU II Sungai Pakning Sukses Pertahankan Predikat PROPER Emas Untuk Ketiga Kali

Rabu, 16 Desember 2020 19:10 WIB
Top, Pertamina RU II Sungai Pakning Sukses Pertahankan Predikat PROPER Emas Untuk Ketiga Kali

 Sebelumnya 
PROPER merupakan penilaian kinerja pengelolaan lingkungan suatu perusahaan yang diterapkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) Republik Indonesia, dengan tujuan meningkatkan peran perusahaan dalam melakukan pengelolaan lingkungan. Sekaligus menimbulkan efek stimulan dalam pemenuhan peraturan lingkungan dan nilai tambah terhadap pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi, dan pengembangan masyarakat.

Indikator penilaiannya meliputi Sistem Manajemen Lingkungan, Reduksi Emisi dan Gas Rumah Kaca, Pengurangan dan Pemanfaatan Limbah B3, Pengelolaan Limba Non B3, Efisiensi Energi, Konservasi Air, Pelestarian Keanekaragaman Hayati, dan Community Development.

Baca juga : Lewat Songket, Pertamina Dukung UMKM Binaan Berdayakan Perempuan Dan Anak Putus Sekolah

Di tahun 2020 ini, indikatornya ditambah dengan Sensitivitas dan Respon Kebencanaan Terkait Sumbangsih Perusahaan Terhadap Kebencanaan. Hal ini juga merupakan salah satunya respon terhadap pandemi Covid-19.

"Dengan program-program yang menyasar langsung kepada pemberdayaan masyarakat serta respon cepat dan tepat terhadap pandemi Covid-19, Pertamina RU II Dumai berhasil memenuhi ekspektasi juri PROPER tahun ini," tutur Didik.

Baca juga : Dua Pabrik Pelumas PT Pertamina Lubricants Pertahankan PROPER Hijau

Didik pun menyampaikan apresiasinya kepada perwira Pertamina dan seluruh stakeholder, yang turut terlibat dalam kesuksesan raihan predikat PROPER Emas ini. "Ini merupakan bukti kerja kita semua sehingga tahun ini kembali meraih torehan tertinggi di ajang PROPER," ujarnya.

"Semoga keberadaan Pertamina RU II Sungai Pakning, bisa terus dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Mari terus tingkatkan kolaborasi antar semua stakeholder, agar tercipta program-program pemberdayaan masyarakat yang berkesinambungan dan inovatif," tutup Didik.

Baca juga : Dirgahayu ke 63, Pertamina Berikan Penghargaan Untuk Petugas SPBU

Selain Sungai Pakning, Pertamina RU II Dumai juga berpartisipasi diajang yang sama dan dianugerahi predikat PROPER Biru. Artinya, Pertamina telah memenuhi semua aspek yang dipersyaratkan oleh KLHK dalam pengelolaan lingkungan, sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.