Dark/Light Mode

Sudah Sesuai Misi Pemerintah

Program Permodalan UMKM Pertamina Tembus Rp 3,5 Triliun

Rabu, 16 Desember 2020 20:58 WIB
VP CSR SMEPP Management Pertamina, Arya Dwi Paramita saat menjadi nara sumber pada webinar bertajuk ``UMKM Bangkit Dorong Penggunaan LPG Nonsubsidi`` yang diselenggarakan Dunia Energi di Jakarta, Rabu (16/12).
VP CSR SMEPP Management Pertamina, Arya Dwi Paramita saat menjadi nara sumber pada webinar bertajuk ``UMKM Bangkit Dorong Penggunaan LPG Nonsubsidi`` yang diselenggarakan Dunia Energi di Jakarta, Rabu (16/12).

 Sebelumnya 
Menurut dia, ada tiga hal penting yang harus menjadi perhatian dalam pemberdayaan UMKM. Pertama, memastikan perbaikan berkelanjutan menjadi semangat berwirausaha para UMKM.

Kedua, memperluas kolaborasi kepada pihak yang dapat membantu research and development.

Baca juga : Kado HUT Ke-63, SPBU Listrik Komersial Pertama Pertamina Resmi Beroperasi

Ketiga, mengedukasi pasar untuk membersamai UMKM dengan mengonsumsi sebagai perwujudan Cinta Tanah Air. Tanpa memperhatikan tiga kondisi tersebut, sulit bagi UMKM berkembang apalagi diharapkan bertumbuh dan mandiri.

“Saya mengapresiasi Program Kemitraan Pertamina yang sudah memenuhi kriteria baik karena penerima manfaat, tidak hanya sekadar mendapatkan bantuan dana, tetapi juga ada pendampiangan, pelatihan sehingga ketika mereka di lepas, mereka sudah benar-benar mandiri,”katanya.

Baca juga : Dukung Program Perubahan Iklim, Jerman Pinjami Indonesia Rp 2,16 T

Yeni Arzah, warga Kelurahan Kerang, Batu Engau, Kabupaten Passer, yang memiliki usaha pembuatan amplang, mendapatkan bantuan permodalan usaha dari Pertamina sebesar Rp 130 juta.

Yeni juga melakukan inovasi dan pengembangan usaha ‘Buah Merundut’ dengan membuat keripik pisang, singkong, talas dan kerupuk udang serta kerupuk ikan.

Baca juga : RI Dan Swiss Teken Project Pengembangan Energi Terbarukan

“Memang awalnya banyak kendala, tapi Alhamdulillah, dengan bantuan dari Pertamina, masalah permodalan sudah dapat teratasi. Begitu juga dengan pelatihan manajemen yang dilakukan Pertamina, sangat membantu saya, dalam mengelola keuangan usaha," katanya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.