Dark/Light Mode

Doddy Rahadi Terpilih Jadi Ketum Ikatan Ahli Teknik Otomotif

Jumat, 18 Desember 2020 18:09 WIB
Doddy Rahadi. (Foto: ist)
Doddy Rahadi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Doddy Rahadi secara aklamasi ditetapkan sebagai Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO). Sebelumnya, Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian itu menjabat sebagai Wakil Ketua Umum.

Doddy akan melanjutkan kepemimpinan Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Harjanto yang meninggal dunia Maret 2020.

Dalam sambutannya, lulusan Teknik Mesin ITB tahun 1991 itu mengatakan, dengan semangat dan sinergi antara praktisi industri, akademisi, pemerintah dan berbagai pihak terkait dalam wadah IATO, termasuk dari GAIKINDO, AISI hingga hobbyist otomotif, diharapkan akan dapat memberikan masukan maupun kontribusi kepada pemerintah mengenai pengembangan industri otomotif di Indonesia. 

Baca juga : Anis Matta: Saatnya Ubah Aksi Kerumunan Umat Jadi Kekuatan Politik Riil

Apalagi, saat ini masuk era disrupsi, di mana teknologi bergerak begitu cepat. Ini merupakan momentum yang tepat untuk mengambil peranan strategis sebagai sebuah organisasi profesional untuk turut serta membangun bangsa.

“Sudah saatnya IATO berperan aktif dalam meningkatkan daya saing industri nasional melalui berbagai langkah strategis, salah satunya dengan mengembangkan industri dalam negeri, sehingga dapat mendukung rencana pemerintah yang memiliki program substitusi impor sebesar 35 persen pada 2022," ujar doktor dari Universitas Padjajaran Bandung itu, Jumat (18/12).

Doddy akan dibantu Erlan K. Cahyono selaku Wakil Ketua Umum dan Hari Budianto selaku Sekretaris Jenderal. Pada kesempatan yang sama juga ditetapkan susunan kepengurusan IATO 2020 – 2022, di mana saat ini IATO memiliki kompartemen yang berbeda dari sebelum-sebelumnya dikarenakan harus menyesuaikan dengan perkembangan jaman. 

Baca juga : Ismed Sofyan Tertarik Jadi Pelatih di Persija Soccer School

Di antaranya masuknya kompartemen Low Carbon Emmision (LCE) Vehicle yang nantinya akan banyak mengkaji mengenai teknologi-teknologi terbaru bersama kompartemen Technology and Research - Development termasuk mulai berusaha mengakomodir sektor yang lain seperti aerospace, maritim dan perkeretaapian.

Disamping itu, kata dia, kepengurusan ini juga akan mendapatkan pendampingan dari para pimpinan-pimpinan IATO terdahulu dalam honorary members. Kepengurusan juga akan diperkuat oleh Board of Advisors yang terdiri dari berbagai tokoh kenamaan dan para senior di bidang otomotif di tanah air.

Pada akhir rangkaian rapat ini, IATO memberikan penghargaan Lifetime Achievement 2020 kepada Prof. Wiranto Arismunandar, atas jasanya yang luar biasa dalam mengembangkan keilmuan otomotif di Indonesia. Bahkan di usianya yang menginjak 87 tahun, beliau masih berusaha menghadiri kegiatan-kegiatan rapat bersama IATO. 

Baca juga : Wamendes Budi Arie: Perempuan di Desa Harus Jadi Kekuatan Ekonomi

Untuk diketahui, IATO atau Ikatan Ahli Teknik Otomotif atau dalam kancah internasional dikenal dengan Society of Automotive Engineers (SAE) – Indonesia yang merupakan wadah berkumpul para stakeholder otomotif di Indonesia ini didirikan pada 12 Oktober 1977. [DIT].

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.