Dark/Light Mode

Bantu UMKM Saat Pandemi, Astragraphia Beri Pelatihan Pengembangan Usaha

Rabu, 23 Desember 2020 13:01 WIB
Chief of Corporate Communications Astragraphia Melinda Pudjo (Foto: Istimewa)
Chief of Corporate Communications Astragraphia Melinda Pudjo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Industri kreatif turut mengalami masa sulit akibat pandemi Covid-19. Padahal, industri kreatif banyak digeluti pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berdasarkan data BPS, ada sekitar 82,80 persen pelaku UMKM yang pendapatannya turun saat pandemi.

Melihat kondisi ini, Astragraphia turun tangan. Astragraphia turun tangan dengan memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM agar bisa mengembangkan usahanya.

Baca juga : Bantu Ekonomi Warga, Jababeka Gelar Pelatihan Menjahit Di Cikarang

"Di tahun pertama program ini, Astragraphia telah menjangkau 415 pelaku usaha mikro dan kecil yang tersebar di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali yang memiliki omzet mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 40 juta per bulannya," kata Chief of Corporate Communications Astragraphia Melinda Pudjo, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (23/12).

Sepanjang 2020, Astragraphia telah melakukan pengembangan kegiatan kontribusi sosial melalui pilar pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan kewirausahaan. Pada pilar pendidikan, "Competence Aid Program (CAP)" yang telah dimulai sejak 2000 telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 1.200 pelajar/guru/mahasiswa serta bantuan beasiswa pendidikan kepada siswa SMK. Astragraphia juga memiliki SMK Binaan yang fokus pada lingkup kompetensi grafika, teknologi informasi dan komputer.

Baca juga : Blibli Histeria 12.12 Dimeriahkan Penggemar Kuliner dan Korean Wave

Dukungan terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diwujudkan Astragraphia dalam bentuk pencetakan dan pendistribusian buku aktivitas anak (workbook) sejak 2017. Sampai saat ini, total 11.150 workbook telah diberikan kepada PAUD yang berada di wilayah Semarang, Flores, Denpasar, Bogor, Demak, dan Boyolali.

Pada pilar lingkungan, Astragraphia menjalankan kampanye kurangi plastik dan pengelolaan limbah terintegrasi. Kemudian di pilar kesehatan, kegiatan donasi kesehatan tahun ini diprioritaskan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, terutama yang berada di sekitar lingkungan kantor Astragraphia. Bantuannya berupa uang tunai, sembako, Alat Pelindung Diri (APD), disinfektan, serta pencetakan materi edukasi pencegahan penyebaran Covid-19. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.