Dark/Light Mode

Bantu Ekonomi Warga, Jababeka Gelar Pelatihan Menjahit Di Cikarang

Senin, 21 Desember 2020 18:56 WIB
Pelatihan menjahit untuk warga Cikarang Utara dari Jababeka. (Foto: ist)
Pelatihan menjahit untuk warga Cikarang Utara dari Jababeka. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jababeka Group melalui Jababeka Infrastruktur selaku pengelola Kawasan Industri menjalankan Program Corporate Social Responsibilty (CSR) Jababeka Bersahabat (Jabat) Ekonomi. Bantuan berupa pelatihan menjahit.

Kegiatan ini CSR ini berpedoman pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan poin 5 yaitu mencapai Kesetaraan Gender dengan memberikan pelatihan bagi para ibu rumah tangga melalui Kelas Terampil Menjahit.

GM PT Jababeka Infrastruktur, Aris Dwi Cahyanto mengatakan, Program Kelas Terampil sesuai dengan kebutuhan warga yang memerlukan peningkatan keterampilan menjahit agar dapat menambah penghasilan keluarga. Dia berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta.

Baca juga : 3 Kapal Patroli Kawal MV Suzuka Express Dari Pelabuhan Patimban

“Sehingga nantinya mereka dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dan tercapainya kemandirian usaha” lanjutnya .

Pada November 2020, Kelas Terampil Menjahit dilaksanakan di 2 desa berbeda; desa Simpangan dan desa Harjamekar, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Pelatihan ini mendapat sambutan positif dari masing-masing Kepala Desa dan Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang turut hadir membuka acara. 

Pelatihan dasar menjahit di setiap desa berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Adapun teknik dasar yang diberikan antara lain cara mengukur badan, membuat pola, memotong bahan hingga menjadi blouse dan masker.

Baca juga : Iconomics Ingatkan Pentingnya Peran Humas Di Era Digital

“Pelatihan menjahit ini bisa menjadi pengetahuan penting bagi para ibu yang baru mulai menjahit ataupun sudah bisa jahit tapi masih terbatas secara teori pembuatan pola, sehingga harapan kedepannya bisa lebih terampil dan produktif.“ ujar Kepala Desa Simpangan, Kurma Kurniawan.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Harjamekar, Wijayanto. Kegiatan pelatihan menjahit seperti ini sangat bermanfaat bagi warga saya yang memang memiliki minat dalam usaha menjahit.

“Saya berharap pelatihan-pelatihan lainnya juga bisa diberikan agar dapat meningkatkan skill warga desa,” ujarnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.