Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng BAKTI

1.111 BTS USO Telkomsel Dukung 4G LTE

Kamis, 24 Desember 2020 11:37 WIB
Pegawai Telkomsel mengecek jaringan di BTS. (Foto: ist)
Pegawai Telkomsel mengecek jaringan di BTS. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkomsel menggandeng Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) melakukan peningkatan teknologi jaringan di seluruh di BTS Universal Service Obligation (USO) untuk terhubung dengan jaringan 4G LTE. Total ada 1.111 unit BTS yang berada di wilayah 3T alias terdepan, terluar dan tertinggal.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, peningkatan teknologi seluruh BTS USO yang kini sudah terhubung dengan jaringan 4G LTE,  merupakan wujud nyata Telkomsel untuk memastikan percepatan pemerataan dan kesetaraan konektivitas broadband terdepan hingga seluruh penjuru negeri. 

Dia berharap, upaya ini dapat mendukung berbagai lini kehidupan masyarakat lebih jauh lagi. Misalnya untuk pembelajaran jarak jauh hingga penggunaan saluran digital. “Serta mendorong transformasi perekonomian digital sektor UMKM di seluruh pelosok negeri,” ujarnya, Kamis (24/12).

Baca juga : Telkomsel Perkuat Jaringan 4G LTE

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan, hasil Kolaborasi yang kuat antara Telkomsel dan BAKTI telah terjadi sejak tahun 2015 yang kini telah berhasil menggelar BTS USO sebanyak 1.111 titik di seluruh Indonesia. “Terima kasih kepada Telkomsel yang terus menerus tiada henti membangun akses telekomunikasi hingga ke pelosok Tanah Air.

“Pembangunan jaringan ini wujud nyata Telkomsel bersama Kominfo yang ingin terus menghadirkan jaringan 4G LTE yang merata,” ujarnya. 

BTS USO selama ini menjadi salah satu tulang punggung dalam pemerataan akses telekomunikasi di wilayah 3T serta perbatasan negara. Maka dari itu, peningkatan layanan yang dilakukan Telkomsel juga menjadi dukungan perusahaan dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga : Gandeng HKI, BTN Dukung Akselerasi Kawasan Industri

Saat ini, Telkomsel bersama BAKTI telah menggelar 1.111 BTS USO yang kini seluruhnya telah terhubung teknologi jaringan broadband terdepan 4G LTE. Pengembangan tekmologi jaringan tersebut juga menjadi bagian dari total lebih dari 233.000 BTS Telkomsel yang telah beroperasi melayani lebih dari 170 juta pelanggan di sekira 95 persen wilayah populasi di Indonesia. 

Untuk rencana ke depan, Telkomsel juga telah mendapat amanat bersama BAKTI untuk membangun tambahan 47 BTS USO baru berteknologi 4G LTE di sejumlah wilayah 3T di Indonesia untuk engakselerasikan pemerataan dan kesetaraan konektivitas broadband terdepan, sehingga dapat memberi manfaat bagi lebih banyak masyarakat hingga wilayah terdepan. Seluruh BTS USO baru tersebut akan segera melayani masyarakat dalam waktu dekat.

Pada Desember 2020 ini, Telkomsel kembali dipercaya oleh pemerintah sebagai peserta yang lolos Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz pada Rentang 2360–2390 MHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler. Tambahan spektrum frekuensi tersebut akan dimanfaatkan untuk memperkuat pengembangan layanan broadband terkini 4G LTE dengan memaksimalkan kapasitas dan kualitas jaringan broadband yang merata bagi  masyarakat hingga pelosok negeri. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.