Dark/Light Mode

Pemprov Jabar Pakai Mobil Listrik Hyundai Buat Kendaraan Operasional

Selasa, 29 Desember 2020 23:32 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencoba mobil listrik Hyundai. (Foto: ist)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencoba mobil listrik Hyundai. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov Jawa Barat membeli membeli dua unit Hyundai IONIQ Electric dan satu unit KONA Electric. Mobil listrik tersebut akan dijadikan mobil operasional.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyerahkan tiga unit mobil listrik kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Selasa (29/12). 

“Ini adalah momen yang sangat bersejarah. Saya sangat mengapresiasi serta mendukung inovasi berbasis teknologi khususnya mobil listrik dari Hyundai,” ujarnya.

Baca juga : Tempat Ngecas Sudah Tersedia, Komisaris PLN Tes Mobil Listrik Jakarta-Bali

Pada 2021, kata Emil-sapaan Ridwan Kamil-Pemprov Jabar akan mulai bertransformasi ke era listrik. Oleh karenanya, menjadi suatu kehormatan bagi dirinya untuk dapat mengajak dan menjadi contoh bagi warga Jawa Barat untuk mulai beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi kendaraan listrik. 

Selain itu, dia juga memberikan apresiasi atas investasi Hyundai di Cikarang, semoga dapat memberikan kontribusi lebih baik lagi bagi Indonesia. “Kami percaya, Hyundai akan sukses dengan produk mobil listriknya di Indonesia, serta sejalan dengan visi kami untuk menjadikan lebih banyak mobil yang ramah lingkungan di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Dengan menerapkan penggunaan mobil listrik, Pemerintah Provinsi Jawa Barat turut mendukung Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Darat. Sehingga kedepannya dapat terus menyukseskan program pemerintah dalam membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia.

Baca juga : Arab Saudi Teken MoU Lestarikan Warisan Budaya Yaman

Presiden Direktur Hyundai Motors Indonesia, SungJong Ha yang turut hadir pada acara serah terima tersebut mengatakan, ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi IONIQ Electric dan KONA Electric di Indonesia setelah diluncurkan pada November 2020. Hal ini juga merupakan bagian dari komitmen Hyundai untuk berkolaborasi dengan inisiatif Pemerintah Indonesia dalam mempercepat ekosistem mobil listrik di Indonesia.

“Kami juga senang karena selain inisiatif dari Pemprov Jabar hari ini, kami juga telah menyaksikan komitmen lain dari Kementerian Perhubungan yang sudah dan akan memanfaatkan mobil listrik murni sebagai mobil operasionalnya di tahun depan,” ujarnya.

Dia berharap, kedepannya akan semakin banyak lagi pemangku kepentingan yang akan mendukung ekosistem mobil listrik murni dalam mewujudkan mobilitas masa depan dan teknologi ramah lingkungan.

Baca juga : Ingat Lho, Kita Masih Perang Lawan Corona

IONIQ Electric dan KONA Electric adalah yang pertama di segmennya dengan pengoperasian penuh menggunakan baterai. Inovasi yang dihadirkan pada kedua model EV tersebut telah dibuktikan dengan apresiasi dan penghargaan dari global. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.