Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Uji Coba Berjalan Mulus

Bandara Ngloram Siap Beroperasi

Senin, 4 Januari 2021 05:10 WIB
Pesawat King Air B200 GT mendarat di bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (12/1/2020). (Dokumen Pemkab Blora).
Pesawat King Air B200 GT mendarat di bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (12/1/2020). (Dokumen Pemkab Blora).

 Sebelumnya 
Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini memastikan, pemerintah akan membangun akses menuju Bandara Ngloram. Salah satunya dengan moda kereta api yang akan disambungkan melalui Stasiun Kapuan, Cepu.

“Aksesibilitas dari dan menu­ju Bandara Ngloram tidak hanya melalui jalan, tapi juga terinte­grasi dengan moda kereta api,” ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Bandara Ngloram sudah siap melayani penumpang. Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian terkait. Menurut Ganjar, beberapa kali bandara tersebut sudah diuji coba. Dan ber­hasil. Sekarang, sedang disiapkan mencari perusahaan penerbangan yang siap melayani rute itu.

Baca juga : Puncak Arus Balik Nataru, Bandara Angkasa Pura II Pastikan Kesiapan Personel Dan Fasilitas

“Saat ini, ada harapan baru di dunia transportasi udara, khusus­nya ke Blora dengan lebih cepat dan nyaman dengan fasilitas yang ada,” katanya.

Keberadaan Bandara Ngloram sangat penting bagi peningkatan ekonomi di wilayah Blora dan sekitarnya, seperti Rembang, Pati, dan Grobogan. Tak hanya itu, bandara ini juga sangat berpengaruh bagi daer­ah lain, misalnya Bojonegoro, Ngawi, Tuban, dan daerah lain di Jawa Timur.

“Mudah-mudahan nanti hasil evaluasinya cukup laik dilanjut­kan, sehingga bisa dipercepat. Harapan kita, bandara ini bisa membawa perubahan besar bagi kawasan Blora, Cepu dan lainnya. Termasuk daerah lain seperti Bojonegoro,” ujarnya.

Baca juga : Virus Corona Jenis Baru Sudah Nyampe Amerika

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menilai, keberadaan Bandara Ngloram bisa menjadi pilihan warga untuk mengakses moda transportasi. Selama ini, masyarakat Blora dan sekitarnya hanya bisa mengakses transpor­tasi darat.

“Minimal, masyarakat ke Blora bisa naik pesawat,” tegasnya.

Selain itu, Djoko menilai, ke­beradaan bandara bisa memper­mudah pekerja di sektor migas Blok Cepu. Menurutnya, untuk Ngloram, sementara cukup pesa­wat jenis ATR dulu. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.