Dark/Light Mode

4.260 Sambungan Jargas Baru Siap Beroperasi di Penajam Paser Utara

Kamis, 5 November 2020 11:21 WIB
4.260 Sambungan Jargas Baru Siap Beroperasi di Penajam Paser Utara

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumlah warga Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang merasakan manfaat jaringan gas kota, kini bertambah.

Pertagas Niaga sebagai Badan Usaha yang ditunjuk mengelola dan mengoperasikan jargas di Penajam Paser Utara mulai mengalirkan gas secara bertahap pada 5.062 Sambungan Rumah tangga (SR) baru yang dibangun oleh Ditjen Migas, Kementerian ESDM dengan APBN Tahun Anggaran 2020, Rabu (4/11).

Baca juga : KAI Gencar Selamatkan Aset Negara Melalui Sertifikasi Dan Penertiban

Pengaliran gas tahap pertama dilakukan di Sektor 6 Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam.

Sebelumnya, pada tahun 2019, telah terpasang sebanyak 4.260 SR jaringan gas kota di Penajam Paser Utara. Sehingga, jumlah rumah yang telah terpasang jargas telah mencapai 9.322 SR dengan sistem pasca bayar.

Baca juga : PDIP Dedikasikan Kantor Baru Lima Lantai Di Yogyakarta, Untuk Megawati

Untuk pengaliran jargas tahap kedua, akan dilakukan bertahap di Desa Giri Mukti, Giri Purwa, Sidorejo, Kelurahan Lawe, Petung dan Waru.

Jaringan gas kota di kabupaten ini mendapatkan pasokan dari PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur sebanyak 0.2 MMSCFD. Program pemerintah jaringan gas kota terus berlanjut, sebagai upaya untuk menekan subsidi LPG serta mendorong diversifikasi energi.

Baca juga : 99 Group : Kebiasaan Baru Pencari Properti di Masa Pandemi

“Gas alam yang digunakan untuk jaringan gas kota ini, tekanan dan massa jenisnya rendah. Sehingga, selain hemat, masyarakat juga bisa lebih aman ketika memasak,” jelas President Director PTGN, Linda Sunarti dalam keterangan pers tertulisnya.

Linda juga berpesan, agar warga dapat menjaga jaringan gas di lingkungan sekitarnya. Supaya awet dan dapat dimanfaatkan dalam waktu jangka panjang. Dalam tiga bulan ke depan, Pertagas Niaga menargetkan seluruh sambungan jaringan gas ini dapat beroperasi seluruhnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.