Dark/Light Mode

Tarif Bus Transjakarta Tak Memberatkan Kantong

Warga Minta Semua Rute Beroperasi Lagi

Kamis, 19 November 2020 05:14 WIB
Tampak armada Transjakarta yang ada di daerah Jl. Thamrin, Jakarta Pusat. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Tampak armada Transjakarta yang ada di daerah Jl. Thamrin, Jakarta Pusat. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat mengharapkan semua rute Transjakarta beroperasi kembali. Sebab, keberadaannya sangat dibutuhkan. Selain efisien, tarif layanan transportasi massal itu, tidak memberatkan kantong.

Dari 151 rute Transjakarta, ada 13 rute di antaranya masih non aktif alias belum beroperasi. ‘’Kenapa ditinggalin 13 rute belum beroperasi. Tolong dioperasikan semuanya dong. Toh aktivitas ekonomi sudah digalakkan,” harap Antonius, warga Jakarta Timur, kemarin.

Harapan yang sama disampaikan warga lainnya, Kim Herry. Dia minta rute 2A Pulogadung (Jakarta Timur)-Rawa Buaya (Jakarta Barat) dibuka kembali. “Kok rute 2A belum buka ya,’’ tanya Kim Herry, warga Jakarta Barat, kemarin.

Baca juga : Banyak Tagihan BUMN Karya Macet, Komisi VI DPR Minta Pemerintah Beri Perhatian

Dia berharap, rute Transjakarta itu dibuka kembali. Sebab, sangat membantu dirinya untuk berangkat dan pulang kerja. ‘’Membantu banget karena hanya naik sekali, tarifnya juga murah. Jadi, tolong dibuka rute ini,” harapnya.

Hal serupa disampaikan war- ganet di Twitter. Ada warganet menantikan rute B21 Bekasi Timur-Grogol 2 segera dibuka. “Untuk B21 dan B22 kapan beroperasi lagi?” tanya Vanessa. Rizhal Muhammad juga mempertanyakan hal sama. “Kapan rute B21 aktif kembali?” tanya dia diikuti pertanyaan sejumlah koridor dan rute yang lain.

Melalui akun Twitter resmi- nya, @PT_Transjakarta menjawab satu per satu. Misalnya, mengenai rute 2A yakni rute Bekasi Timur dan Summarecon Bekasi. “Mohon maaf, rute 2A sementara masih belum beroperasi. Nantikan informasi selanjutnya melalui media sosial resmi Transjakarta. Terima kasih,” tulisnya.

Baca juga : 12 Rute Non-BRT Transjakarta Dibuka, Warga Minta Tambah

Seperti diketahui, saat perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di Jakarta sejak 9 hingga 22 No- vember 2020, PT Transjakarta telah menyesuaikan layanan. Jam operasional telah diperpanjang menjadi dari pukul 05.00 hingga 22.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Begitu juga layanan khusus tenaga kesehatan mengalami penyesuaian, dari pukul 22.00 hingga 23.00 WIB. Saat PSBB sebelumya, jam operasional Transjakarta hanya dari pukul 05.00-19.00 WIB.

Mengenai kapasitas, untuk bus gandeng hanya boleh diisi maksimal 60 orang, bus besar 30 orang, dan bus sedang maksimal 15 orang. Protokol kesehatan, baik memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer juga terus diterapkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.