Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Krakatau Steel Diguyur Dana PEN Rp 2,2 Triliun

Selasa, 5 Januari 2021 12:35 WIB
Gedung Krakatau Steel. (Foto: ist)
Gedung Krakatau Steel. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk telah menerima dana investasi pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 2,2 triliun pada 30 Desember 2020 lalu.

Dana tersebut diterima setelah ditandatanganinya perjanjian penerbitan Obligasi Wajib Konversi (OWK) pada 28 Desember 2020 antara Krakatau Steel dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebagai pelaksana investasi pemerintah.

Baca juga : BMKG: Jakarta Diguyur Hujan Ringan Hari Ini

Direktur Utama Krakatau Steel, Silmy Karim mengatakan, dana OWK ini adalah amanah dan kepercayaan yang harus dikawal dengan sebaik-baiknya. “Krakatau Steel berkomitmen untuk terus menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik serta memenuhi seluruh ketentuan yang berlaku dalam penggunaan dana OWK tersebut," ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (5/1).

Menurut Silmy, dukungan investasi pemerintah melalui program PEN pada Krakatau Steel akan memberikan fleksibilitas dalam meningkatkan pasokan bahan baku pada industri hilir dan industri pengguna baja nasional. Hal ini juga membantu dalam membendung derasnya impor baja yang masuk ke Indonesia.

Baca juga : Malam Tahun Baru, Jakarta Bakal Diguyur Hujan Ringan

"Dengan dana OWK ini, Krakatau Steel dapat mengantisipasi peningkatan permintaan baja dalam negeri pasca membaiknya perekonomian nasional yang diperkirakan akan kembali normal pada Kuartal III-2021," katanya.

Silmy juga mengapresiasi, berbagai langkah strategis yang telah diambil pemerintah agar dapat terus menjaga perekonomian nasional. Terutama dengan menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional dalam mendukung sistem mitigasi penyelamatan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Baca juga : Penyaluran Dana Desa 2020 Capai Rp 71 Triliun

Dia berharap, stimulus investasi pemerintah yang diperoleh mampu memberikan dampak positif terhadap penguatan industri baja dari hulu hingga hilir. “Serta berdampak pada pergerakan laju pertumbuhan ekonomi nasional," kata Silmy.

Penerimaan dana OWK selanjutnya akan diterima Krakatau Steel pada Desember 2021 sebesar Rp 800 miliar, sehingga total dana OWK yang diterima Krakatau Steel sebesar Rp 3 triliun. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.