Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Telkomsat Geser Indosat Kelola Satelit Di Slot Orbit 113°BT

Rabu, 6 Januari 2021 19:09 WIB
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) ditetapkan sebagai pemenang seleksi pengguna filing satelit Indonesia di Slot Orbit 113°BT. 

Ini merupakan langkah baik bagi Telkomsat sebagai penyedia layanan satelit yang telah berpengalaman dalam memberikan layanan hulu ke hilir yang berkualitas tinggi dan berstandar internasional.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengapresias kemenangan Telkomsat. Keberhasilan ini adalah hal yang strategis bagi pengembangan bisnis satelit Telkomsat dalam memperkuat penyediaan infrastruktur satelit TelkomGroup. 

Baca juga : 5 Tempat Layanan SIM Keliling Di Jakarta Hari Ini

“Semoga dengan izin penggunaan slot orbit ini dapat mendukung Telkom Group dalam menghadirkan konektivitas hingga pelosok dan peningkatan kualitas dalam melayani pelanggan dan masyarakat Indonesia,” ujar Ririek, Rabu (6/1).

Ia menerangkan, slot orbit 113°BT merupakan salah satu slot orbit premium yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku administrator telekomunikasi Indonesia. Kominfo menyelenggarakan proses Seleksi Pengguna Filing Satelit Indonesia di slot orbit 113°BT pada 5 Oktober 2020. 

Telkomsat mengikuti proses seleksi berdasarkan prinsip efisien, efektif, tidak diskriminatif, dan akuntabel dengan menggunakan metode evaluasi komparatif (beauty contest). 

Baca juga : 5 Tempat Pelayanan SIM Keliling Di Jakarta Hari Ini

Alhasil, anak usaha Telkom ini berhasil menempatkan di posisi tertinggi pada peringkat peserta seleksi berdasarkan total penilaian evaluasi kelayakan.

“Kedepannya, TelkomGroup melalui Telkomsat telah merencanakan untuk menempatkan satelit dengan teknologi terbaru yang dikenal sebagai High Throughput Satellite (HTS) yang cocok untuk melayani pelanggan broadband satelit, mencakup pita frekuensi C band dan Ku band di slot orbit 113°BT sebelum 31 Desember 2024. Semoga ini memantapkan langkah Telkomsat menjadi penyelenggara layanan satelit terkemuka di regional,” tutup Ririek.

Slot orbit 113derajat itu sebelumnya diisi oleh satelit Palapa D yang telah mengakhiri masa tugasnya sekitar tahun lalu. Setelah itu, akan digunakan oleh Satelit Nusantara 2 yang dikelola Indosat namun akhirnya gagal meluncur. [FIK]

Baca juga : Telkomsel Sabet The Most Innovative Telecom Service Provider


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.