Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kantongi SK Menteri PUPR

Hari Ini Jasa Marga Dan HK Sesuaikan Tarif Tol

Minggu, 17 Januari 2021 05:49 WIB
Ilustrasi. (Foto : Jasa Marga).
Ilustrasi. (Foto : Jasa Marga).

 Sebelumnya 
Senada dengan Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru. Menurut dia, penyesuaian tersebut dilakukan pada ruas tol yang mengalami penundaan sejak tahun 2020. Hal ini lantaran terbentur kondisi pandemi Co­vid-19.

“Dengan adanya harapan melalui program vaksin, perusahaan akan menyesuaikan tarif di beberapa ruas tol yang sudah tertunda berbulan-bulan lamanya,” kata Dwimawan di Jakarta, Kamis (14/1).

Baca juga : GeNose Kebanjiran Order, Menteri Bambang Minta Kapasitas Produksi Dan Kualitas Digenjot

Perseroan melalui kelompok usahanya akan menyesuaikan tarif pada enam ruas tol. Yakni, Jakarta Outer Ring Road/JORR (E1, E2, E3, W2U, W2S dan Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami), Cikampek-Padalarang (Cipula­rang), Padalarang-Cileunyi (Pa­daleunyi), Semarang Seksi A,B,C, Palimanan-Kanci (Palikanci), dan Surabaya-Gempol (Surgem).

Dia memastikan, payung hu­kum pemberlakuan tarif baru pada enam ruas tol tersebut telah ditetapkan. Selain itu, didasarkan juga pada regulasi. Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

Baca juga : Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan Positif Covid-19

Jasamarga Metropolitan Toll­road (JMT) Regional Division Head Ari Wibowo menjelaskan, penyesuaian tarif di beberapa ruas tol sebenarnya bersifat reguler atau menyesuaikan besarnya inflasi. Seperti, Jalan Tol JORR, Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padaleu­nyi, yang masuk ke dalam wilayah pengelolaan Regional JMT.

“Penyesuaian tarif untuk JORR, Cipularang dan Padaleu­nyi masih menyesuaikan dengan besaran inflasi,” akunya.

Baca juga : Menteri Pertanian Jamin Pasokan Kedelai Aman

Bahkan, di ruas Cipularang dan Padaleunyi juga memberlakukan rasionalisasi tarif. Yang merupakan penataan kelompok tarif, dari semula 5 kelompok tarif untuk 5 golongan kendaraan, menjadi 3 kelompok tarif untuk 5 golongan kendaraan.

“Dengan adanya rasionalisasi tarif ini, terdapat kenaikan juga penurunan besaran tarif,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.