Dark/Light Mode

Tips Ke Dokter Gigi Di Saat Pandemi Covid-19

Kamis, 28 Januari 2021 16:10 WIB
Kepala klinik gigi eksekutif Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas kedokteran Gigi Universitas Trisakti ( RSGM FKG Usakti) drg.Aryadi (Kiri).
Kepala klinik gigi eksekutif Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas kedokteran Gigi Universitas Trisakti ( RSGM FKG Usakti) drg.Aryadi (Kiri).

RM.id  Rakyat Merdeka - Virus Corona sangat rentan menular terutama melalui droplet dari mulut. Sebab itu, dalam kondisi pandemi ada tips bagi orang yang ingin pergi ke dokter gigi.

Kepala klinik gigi eksekutif Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas kedokteran Gigi Universitas Trisakti ( RSGM FKG Usakti) drg. Aryadi mengatakan, untuk mencegah terjadinya penularan di area fasilitas kesehatan yang pertama bagi diketahui pasien adalah jujur terhadap kondisi diri sendiri.

Dia bilang apabila merasakan gejala seperti flu demam atau gejala Covid-19 harus dipastikan dulu dirinya tidak positif terpapar virus tersebut.

Baca juga : Arnold Schwarzenegger Happy Divaksin Covid-19

Berikutnya adalah ketika pasien sudah datang ke rumah sakit gigi dan mulut atau ke klinik dia harus wajib mengikuti protokol kesehatan dengan baik. Tetap menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun.

"Selama di area lingkungan Fasilitas Kesehatan pasien harus menggunakan masker kecuali sudah mulai dilakukan penanganan atau sedang berobat baru maskernya dibuka," ujar Aryadi dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar RMco.id dengan tajuk, Perawatan Gigi Di Tengah Pandemi, kemarin.

Acara tersebut tersebut dipandu oleh Pemimpin Redaksi RMco.id, Firsty Hestyarini dan Wartawan RMco.id, Ujang Sunda. FGD masih bisa disaksikan di kanal https://youtu.be/ZMyPLgelXo4

Baca juga : Nutraseutikal Alami, Alternatif Pencegah Covid-19

Selama kondisi pandemi, lanjut Aryadi, dokter gigi juga tidak sembarangan dalam membuka kunjungan pasien yang datang serentak ke fasilitas kesehatan.

Biasanya di fasilitas kesehatan khusus gigi dokternya sudah membuat jadwal. Makanya pasien disarankan melakukan janji terlebih dahulu di nomor kontak klinik.

Bisa juga konsultasi lebih dulu via aplikasi digital seperti Telemedicine Dentist via Smartphone. Lalu setelah dari dokter gigi atau dalam melakukan perawatan sehari-hari harus rajin mencuci tangan meski pun telah berada di rumah.

Baca juga : Pemprov Jabar Perkuat Puskesmas Tangani Covid-19

Hal ini untuk mencegah masuknya virus kedalam mulut serta mencegah inveksi dari tangan. Pasalnya tangan seringkali memegang benda yang tidak steril seperti uang atau benda lainnya.

"Begitu sampai di rumah langsung pakaian taruh di mesin cuci atau langsung dicuci cuci tangan, keramas dan mandi," katanya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.