Dark/Light Mode

IDI: Agar Antibodi Terbentuk, Lakukan Ini Saat Vaksinasi Covid-19

Senin, 25 Januari 2021 11:27 WIB
Petugas medis memperlihatkan vaksin Covid-19 produksi Sinovac, sebelum proses penyuntikan ke tenaga kesehatan di Puskemas Rawabuntu, Tangerang Selatan, Senin (18/1/2021). [Foto: Putu Wahyu Rama / RMco.id / Rakyat Merdeka]
Petugas medis memperlihatkan vaksin Covid-19 produksi Sinovac, sebelum proses penyuntikan ke tenaga kesehatan di Puskemas Rawabuntu, Tangerang Selatan, Senin (18/1/2021). [Foto: Putu Wahyu Rama / RMco.id / Rakyat Merdeka]

RM.id  Rakyat Merdeka - Agar antibodi dapat optimal terbentuk, ada sejumlah hal yang mesti dilakukan saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Hal ini diingatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyampaikan sejumlah saran.

“Pertama, badan mesti fit dan bugar. Asupan gizi dan metabolisme yang baik akan membantu proses pembentukan antibodi dalam tubuh menjadi baik juga," kata Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng Mohammad Faqih di Jakarta, Senin (25/1).

Baca juga : 145.901 Tenaga Kesehatan Telah Divaksinasi Covid-19

Kedua, lanjutnya, masyarakat perlu memastikan, dirinya tidak ada riwayat penyakit yang menjadi kontra indikasi vaksinasi. Seperti alergi parah, serta orang yang mengalami kondisi penurunan imun seperti menjalani kemoterapi dan transplantasi organ.

Ketiga, mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah selama pandemi Covid-19, untuk memastikan tidak terinfeksi Covid-19.

Baca juga : Pelaku UMKM Ini Mampu Bertahan Saat Pandemi Covid-19

Daeng pun mengajak seluruh pihak untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 yang diberikan secara gratis bagi kurang lebih 70 persen masyarakat Indonesia. "Alhamdulillah, vaksin ini dinyatakan aman, berkhasiat, efektif, serta dinyatakan suci dan halal," ujarnya.

Daeng merupakan salah satu peserta awal vaksinasi Covid -19 perdana bersama Presiden Joko Widodo. Ia menyampaikan, tujuan vaksinasi ini ialah untuk membentuk kekebalan tubuh kepada diri setiap penerima vaksin sehingga dapat mencegah terinfeksi Covid -19.

Baca juga : Jangan Sampai Termakan Hoaks, Ini Akun Resmi Medsos Covid-19

Khusus para dokter dan tenaga kesehatan, bila kekebalan tubuh tersebut telah terbentuk, diharapkan bisa mengurangi secara signifikan dokter maupun tenaga kesehatan yang wafat karena infeksi Covid -19. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.