Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sukses Kelola Komunikasi Eksternal, PGN Sabet BCOMSS 2021

Sabtu, 30 Januari 2021 14:43 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan penghargaan kepada  para pemenang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2021, Jumat (29/1). (Foto: ist)
Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan penghargaan kepada para pemenang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2021, Jumat (29/1). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berkat pengelolaan komunikasi eksternal yang baik sehingga mampu menjaga citra positif perusaahaan, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mendapatkan penghargaan dari Kementerian BUMN dalam ajang Kompetisi BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2021 yang digelar Jumat (29/1). PGN berhasil memenangkan Bronze pada Sub Kategori Media Relations Management. 

Kompetisi BCOMSS 2021 diselenggarakan perdana oleh Kementerian BUMN sebagai bentuk apresiasi bidang Public Relations atau Kehumasan dan Program Keberlanjutan perusahaan di lingkungan BUMN. Pada sub kategori Media Relations Management, aspek penilaian berdasarkan pada ide, strategi, implementasi, dan efektifitas program. Adapun dewan juri pada kompetisi ini adalah Menteri BUMN Erick Tohir, Najwa Shihab, Juliati Ansye Sopacua, dan Effendi Gazali.

“Kami bersyukur dan bangga, aktivitas komunikasi dalam upaya menjaga citra positif perusahaan mendapatkan atensi yang besar sehingga dapat masuk sebagai tiga besar terbaik,” ujarnya, Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, Sabtu (30/1).

Baca juga : Sukses Gelar Forum Engineering, WIKA Sabet Rekor MURI

Menurut dia, studi kasus dan strategi komunikasi mengenai implementasi kebijakan harga gas 6 dolar  AS per MMBTU yang saat ini telah direalisasikan untuk tujuh sektor industri khusus, melalui proses yang cukup panjang. Hal ini merupakan bukti nyata komitmen PGN dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan daya saing industri nasional di masa pandemi. 

“Pro dan kontra nyata adanya, namun PGN sebagai pelaksana kebijakan berupaya agar isu yang beredar di public tetap kondusif,” ujarnya.

Penyesuaian harga gas industri menjadi rata-rata 6 dolar AS per MMBTU di plant gate diputuskan oleh pemerintah mulai 1 April 2020 mengikuti Perpres No. 40 tahun 2021. Kemudian disahkan Kepmen ESDM 89K/ 2020 untuk tujuh sektor industri yaitu pupuk, kaca, baja, keramik, olekimia, sarung tangan karet, dan petrokimia. 

Baca juga : SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi Perkenalkan Alat Penghemat BBM

“Upaya publikasi positif terkait penurunan harga gas terus dilakukan sejak Maret 2020 hingga saat ini. Berdasarkan status awal pengelolaan krisis diawal 2020, PGN berupaya mengelola isu bersama seluruh stakeholder dapat dimaknai dengan positif dan terutama bermanfaat nyata bagi masyarakat dan negara,” jelas Rachmat.

Strategi komunikasi tersebut diolah dan disampaikan kepada publik sebagai pesan perusahaan, di mana komitmen PGN sebagai Subholding Gas, keluarga besar Holding Migas Pertamina dan bagian dari pemerintah berperan untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi melalui pembangunan dan perluasan infrastruktur gas bumi. 

PGN mendukung kebijakan pemerintah dalam putusan Kepmen ESDM 89K/ 2020, dengan harapan kebijakan tersebut bermanfaat nyata bagi perekonomian nasional. Seperti halnya dengan himbauan Presiden Jokowi, harga gas industri harus kompetitif agar daya saing industri dalam negeri meningkat sehingga akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga : Tunggu Sertipikasi Internasional, PON XX Papua Tuntas 2021

“PGN berkomitmen mendukung program pemerintah dalam mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi dalam upaya mengurangi ketergantungan terhadap energi impor. Melalui harga gas domestik yang kompetitif, diharapkan akan ada kenaikan volume pemanfaatan gas bumi karena telah dioptimumkan industri penerima manfaat kebijakan,” ujar Rachmat.

Rachmat menambahkan, dampak strategi komunikasi terkait harga gas ini turut menjaga kepercayaan stakeholder dan seluruh kepentingan kepada PGN.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN, Erick Tohir mengatakan, kepercayaan menjadi kunci terpenting dalam komunikasi dan keberlanjutan di BUMN. Dukungan dari stakeholders seluruh pihak terhadap PGN penting bagi perkembangan perusahaan. Maka dari itu, PGN terus berupaya menjaga kepercayaan dari seluruh pihak dalam menyediakan energi yang handal yang berkelanjutan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.