Dark/Light Mode

SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi Perkenalkan Alat Penghemat BBM

Rabu, 23 September 2020 21:32 WIB
Wakil Wali Kota Bekasi Dr. Tri Adhianto (kanan) bersama guru di SMK Bisnis dan Teknologi, Bekasi, Riyono.
Wakil Wali Kota Bekasi Dr. Tri Adhianto (kanan) bersama guru di SMK Bisnis dan Teknologi, Bekasi, Riyono.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Wali Kota Bekasi Dr. Tri Adhianto diperkenalkan produk penghemat BBM (Bahan Bakar Minyak) hasil karya salah satu guru di SMK Bisnis dan Teknologi, Bekasi, Rabu (23/09/20).

Berawal dari keluhan warga terkait harga BBM yang terus meningkat, salah satu guru, Riyono, akhirnya melakukan eksperimen terkait keluhan warga tersebut, yaitu produk penghemat BBM.

Baca Juga : Manager Persib Dukung Calon Bupati Nia Di Pilkada Bandung

Dia pun berkesempatan menjelaskan kepada Tri, tentang hasil produk penghemat BBM yang diberi label Fourdes For Speed itu. Produk ini merupakan cairan berbahan baku minyak atsiri, yang kemudian diekstrak menjadi bio-additif. Fungsinya, menaikkan oktan pada bahan bakar, sehingga menghasilkan pembakaran lebih sempurna pada ruang bakar mesin.

Terkait hal ini, Tri berpesan, agar dilakukan uji lab terlebih dahulu. Dengan begitu, bisa mendapatkan sertifikasi uji kelayakan produk. Setelah itu, ujarnya, bisa dipasarkan baik secara offline maupun online.

Baca Juga : Langgar PSBB, 3 Tempat Usaha di Sunter Jakarta Utara Disegel

"Jika produk tersebut teruji dengan baik, hal ini bisa berpotensi melahirkan UMKM baru di Kota Bekasi. Sekaligus juga dapat menciptakan lapangan kerja baru," harapnya.

Meski di tengah pandemi Covid-19, Tri menghimbau masyarakat agar tetap produktif, terus melahirkan ide-ide kreatif, dengan juga tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga : Jangan Sampai, Sespim Lemdiklat Polri Jadi Klaster Corona

Selain itu dia menyatakan, meski produk sejenis sudah ada di pasaran, namun warga Bekasi menurut Tri tetap mesti bangga. Karena ada produk serupa yang juga merupakan hasil karya warga Kota Bekasi sendiri.

“Semoga hasil eksperimen Pak Riyono ini berhasil melalui uji sertifikasi, dan bisa menjadi solusi bagi masyarakat terkait harga BBM,” pungkasnya. [DWI]